Beredar Radiator Coolant Dijual 'Galonan' Harga Enggak Sampai Rp 25 Ribu, Bos Wealthy: Itu Enggak Masuk Akal!

Harun Rasyid - Jumat, 5 Juni 2020 | 20:01 WIB

Ilustrasi air radiator atau coolant (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Pemilik kendaraan roda empat dengan sistem pendingin radiator, pasti tak asing lagi dengan cairan coolant.

Cairan penjaga suhu ideal mesin tersebut, kini banyak sekali pilihan mereknya dari yang ratusan ribu hingga paling murah di bawah Rp 50 ribu juga ada.

Namun membeli coolant juga tak bisa sembarangan, apalagi jika ada yang dijual dengan harga terlalu murah semisal Rp 25 ribu per-galon.

"Jika ada yang jual coolant misalnya per-galon cuma Rp 25 ribu itu kelewat murah dan perlu dicurigai, jadi logikanya perlu dilihat dulu dari segi ekonominya," ujar Arief Hidayat, CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group) di acara diskusi virtual dengan tema 'Penting Gak Sih Coolant?, Jumat (5/6/2020).

Baca Juga: Tes Paket Sanitizer Wealthy, Bisa Banget Diaplikasikan Buat Interior Mobil, Begini Caranya

Arief menyebut, hal pertama modal botol kemasan coolant mencapai Rp 6 ribu sampai Rp 7 ribuan.

"Belum membuat label, terus isinya pakai bahan glycol sekitar per-kilo sekarang bisa 5 US Dollar atau sekitar 60 ribuan, belum bahan air sulingnya. Jadi kalo ada coolant terlalu murah itu enggak masuk akal, memangnya perusahaan itu enggak mau untung," sebutnya.

GridOto.com
Wealthy Radiator Coolant kemasan 1 galon


Arief menambahkan, jika menemukan coolant yang harga per-galonnya jauh di bawah rata-rata sebaiknya tidak usah dibeli.

Dari pantauan GridOto.com, rata-rata radiator coolant dengan merek ternama seperti Prestone, Wealthy, TMO, Top1 dibanderol di kisaran Rp 80 ribu ke atas per-galon.

Baca Juga: Isi Solar Biasa, Ada yang Anjurkan Kasih Campuran dari Wealthy Ini Biar Bertenaga