Kurangi Antrean Masyarakat, Polisi Buka Gerai SIM Keliling di Taman Mini

M. Adam Samudra - Kamis, 4 Juni 2020 | 09:05 WIB

Pelayanan SIM keliling lebih simpel (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Mulai hari ini Ditlantas Polda Metro Jaya kembali membuka layanan SIM Keliling di Kantor Samsat SIM Jakarta Timur, Kamis (4/6/2020).

Hal itu dilakukan demi mencegah adanya penumpukan masyarakat yang bersamaan ingin perpanjang dan membuat SIM baru.

"Untuk sementara kami baru membuka layanan SIM keliling di Taman Mini," kata Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin saat dihubungi GridOto.com, Kamis (4/6/2020).

Hedwin menceritakan pihaknya mengutamakan aspek protokol kesehatan dimana masyarakat yang datang wajib menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk hingga pemeriksaan suhu tubuh.

Baca Juga: Polda Sumut Kembali Membuka Pelayanan SIM, STNK dan BPKB, Dispensasi Perpanjangan SIM Tetap Diberikan

Selanjutnya untuk setiap peralatan sarana dan prasarana akan dilakukan proses penyemprotan disinfektan secara rutin dan berkala sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami berharap dengan pengoperasian Gerai SIM Keliling di TMII masyarakat bisa tetap menjaga jarak fisik saat mengajukan permohonan perpanjangan SIM," ucapnya.

Sekadar informasi, layanan pembuatan dan perpanjangan SIM di Satpas dan Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya kembali dibuka pada Selasa, (2/6/2020).

Pembukaan layanan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Baca Juga: Pengalaman Hermanto Sulitnya Perpanjangan SIM Setelah Dibuka Kembali

Bahkan Polisi memberikan dispensasi bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis dalam periode 17 Maret hingga 29 Juni 2020 atau saat PSBB berlangsung.

Pemilik SIM dalam periode itu dapat memperpanjang SIM setelah tanggal 29 Juni 2020 tanpa perlu membuat SIM baru.