Ada Merah, Kuning, Hijau, Biru, Sebenarnya Apa Sih Warna Asli Bensin?

Naufal Shafly - Senin, 25 Mei 2020 | 08:15 WIB

Ilustrasi nozzle bensin (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Bensin yang dijual Pertamina, memiliki warna untuk masing-masing varian, misalnya biru untuk Pertamax, hijau untuk Pertalite dan lain-lainnya.

Warna tersebut bisa sengaja dibuat karena untuk membedakan masing-masing varian produk, serta memudahkan operasional di lapangan.

Lalu, sebenarnya apa sih warna asli bensin?

Menjawab hal ini, Tri Yuswidjadjanto Zaenuri, Ahli konservasi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), memberikan penjelasannya.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Filter Bahan Bakar Mobil Bensin Bisa Kotor

"Warna aslinya itu ya kayak Premium, agak kuning begitu," ucap pria yang akrab disapa Yus ini saat dihubungi GridOtom.com beberapa waktu lalu.

Ia juga sedikit menceritakan, pewarnaan tersebut sifatnya tidak wajib alias tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Istimewa
Ilustrasi BBM berjenis Premium


"Ini juga sebenarnya terkait dengan pembeda bensin subsidi dan non-subisdi. Premium tidak diberi warna salah satu alasannya sebagai tanda bensin subsidi," ucapnya.

"Di SPBU swasta gak jual Premium (bensin subsidi), sehingga mungkin mereka tidak perlu mewarnai juga. Kalau Pertamina kan jualan Premium, barang subsidi. Nah, barang subsidi ini kan diaudit jumlah yang dijualnya berapa, karena menyangkut pembiayaan negara, sehingga perlu dikontrol," jelasnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Kandungan Oktan, Ini Bedanya Bahan Bakar Jenis Pertamax dan Premium

Yus mengatakan, di beberapa negara lain yang masih menjual bensin subsidi, justru produk bensin subsidi tersebut yang diberi warna.

"Kalau di kita kan terbalik, karena mungkin alasan cost," ujarnya.