Antisipasi Pemudik Dari Jakarta, Kapolda Jabar Tinjau Pos Jaga di Karawang dan Purwakarta

Laili Rizqiani - Selasa, 19 Mei 2020 | 21:59 WIB

Kapolda Jabar mendatangi pos jaga di Karawang dan Purwakarta sebagai langkah antisipasi adanya pemudik dari Jakarta, Selasa (19/5/2020) (Laili Rizqiani - )

GridOto.com - Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi mendatangi Pos Cikopo, Purwakarta untuk meninjau kesiapan arus mudik pada Selasa (19/5/2020).

Sebelumnya, Kapolda Jabar dan jajarannya telah meninjau pos 47B Karawang.

"Hari ini saya ke Karawang dan Purwakarta mengecek kesiapan arus mudik yang telah dilarang oleh pemerintah. Semua pos yang kami cek sudah siap mencegah orang-orang yang hendak mudik maupun arus balik," katanya seperti yang dikutip dari TribunJabar.id

Tidak hanya itu, ia menegaskan pihaknya melalui Kapolres telah berjaga-jaga di beberapa ruas jalur alternatif atau jalan tikus untuk memeriksa kendaraan baik yang hendak keluar atau masuk wilayah Purwakarta.

Baca Juga: Korban Oknum Polisi yang Gelapkan Mobil Rental Bertambah Jadi 12 Orang, Mulai dari Toyota Avanza Sampai Mitsubishi Pajero Disikat

Ia juga mengatakan akan meminta kendaraan untuk putar balik jika ada indikasi melakukan mudik.

"Kalau yang datang dari Jakarta kan itu jelas sudah mesti punya surat-suratnya, lalu kami cek barang bawaannya, hingga melihat kartu identitas (KTP)," ujarnya.

Ketika disinggung terkait kerawanan lainnya menjelang lebaran, Kapolda Jabar meminta semua masyarakat mengantisipasi tindak-tindak kejahatan di wilayahnya masing-masing.

"Masyarakat mesti jaga wilayahnya masing-masing. Semoga pada saat arus mudik ini tak banyak orang yang melintas," katanya.

Baca Juga: Kota Bandung Lanjutkan PSBB Sampai 29 Mei, Larangan dan Sanksi Masih Pelanggar Masih Sama

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan melalui Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengaku selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terjadi penurunan kendaraan terlebih setelah adanya  larangan mudik dari pemerintah pusat.

"Berkurang (kendaraan) dari pagi hingga sore hari. Peningkatan itu terjadi biasanya pukul 16.00 sampai menjelang berbuka puasa. Dan kembali menurun setelah berbuka," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Kapolda Jabar Tinjau Pos Jaga di Karawang dan Purwakarta, Bendung Pemudik dari Arah Jakarta,