Alasan Yamaha 'Menumpuk' Produknya di Segmen Skutik 125 cc

Naufal Shafly - Senin, 18 Mei 2020 | 21:05 WIB

Ilustrasi. Yamaha FreeGo sebagai salah satu line-up Yamaha di segmen skutik 125 cc (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki line-up produk yang cukup banyak di segmen skutik 125 cc.

Saat ini, skutik 125 cc Yamaha diisi oleh Mio M3, Mio S, Fino, FreeGo, X-Ride, dan ada juga Lexi yang termasuk dalam varian MAXI Series.

Lantas, mengapa Yamaha banyak meluncurkan produk di segmen skutik 125 cc?

Baca Juga: Ternyata Alasan Ini yang Bikin Yamaha Tinggalkan Segmen Matic 110 cc

Menurut Antonius Widiantoro, Manager of Public Relations YIMM, keputusan tersebut diambil berdasarkan riset terhadap kebutuhan konsumen.

"Apa yang diinginkan konsumen sekarang? Lalu motornya untuk apa? Ada yang untuk bekerja, sekolah, hobi, membawa barang dan lain sebagainya. Intinya adalah mereka bisa terbantu dengan kendaraan yang dimiliki," ucap Anton dalam acara Ngovi, Senin (18/5/2020).

Anton menambahkan, mesin berkubikasi 125 cc cukup mewakili kebutuhan konsumen karena memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang matic 110 cc.

Selain itu, Yamaha juga berusaha menjaga nilai ekonomis yang diharapkan konsumen di segmen ini, dengan menghadirkan eco indikator.

Baca Juga: Yamaha MT-07 Tertangkap Kamera, Siap Mengaspal Akhir Tahun 2020?

Tujuannya, agar konsumen bisa menyesuaikan dengan gaya berkendaranya untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

"Karena masyarakat Indonesia cenderung menilai motor boros atau tidak hanya berdasarkan image, kedua motor itu bisa lebih irit tergantung dari bagaimana kita membawanya. Maka dari itu, dengan mesin Blue Core 125 ditambah Eco Indikator bisa membuat pengendara lebih ekonomis," ujar Anton.