Inden Renault Triber Capai Ribuan Unit, Sudah Dikirim ke Konsumen?

Wisnu Andebar - Senin, 18 Mei 2020 | 16:35 WIB

Renault Triber (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Sejak diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, diketahui inden Renault Triber kurang lebih mencapai sekitar 1.500 unit.

Hal itu tentu membuat sebagian orang bertanya-tanya hingga saat ini, apakah MPV tujuh penumpan ini sudah dikirimkan ke konsumen?

Davy J. Tulian, Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia (MRI) menjelaskan, sebenarnya Triber secara resmi masuk ke Indonesia baru-baru ini, tepatnya pada Kamis (14/5/2020) lalu.

"Memang sebelumnya ada beberapa unit yang masuk lebih dulu, tapi kebanyakan unit itu untuk test drive dan keperluan marketing," kata Davy melalui konferensi secara digital, Senin (18/5/2020).

Baca Juga: Renault Triber Yang Dijual 2020 Ada Perbedaan Dibanding Versi GIIAS 2019

Davy mengungkapkan, saat ini pihaknya masih dalam proses mengumpulkan data tersebut.

Mengingat unitnya saja baru sampai di Indonesia belum lama ini dari negara asalnya, yakni India.

Pradana/GridOto
Renault Triber

Kemudian pada akhir pekan kemarin Triber baru terdistribusikan ke semua dealer MRI di seluruh indonesia.

"Jadi kalau mau dibilang berapa yang sudah deliver (kirim ke konsumen) itu sekarang kami sedang mengumpulkan informasi-informasi dari semua cabang di Indonesia, karena mobil ini baru keluar dari pelabuhan itu Kamis pagi minggu lalu dengan total 100 unit," terangnya.

"Sehingga sampai saat ini kami belum ada data Triber yang sudah dikirim ke customer, nanti secepatnya saya akan update," ujarnya lagi.

Baca Juga: Renault Ingin Bentuk Image Mobil Eropa Enggak Selalu Mahal dengan Triber

Untuk diketahui, Renault Triber yang dijual di Indonesia hadir dengan tiga tipe, yakni RXZ M/T yang dibanderol Rp 179,9 juta, RXT M/T Rp 172,9 juta, dan RXL M/T Rp 166,9 juta.

Davy menambahkan, Triber RXZ dengan transmisi matik merupakan tipe yang paling diminati sejauh ini dengan banyaknya jumlah penginden.

"Jadi bisa dibilang dari total inden kami yang sekarang itu, hampir 83 persen semuanya automatic, yang saat ini barangnya belum tersedia dari negara pengekspor (India)," imbuhnya.

Meski begitu, ia mengaku bahwa ada beberapa customer yang membatalkan pesanan karena enggan menunggu lama.

Baca Juga: Bangku Baris Ketiga Renault Triber Bisa Dicopot Semua, Buat Apa?

"Sebenarnya ada 1.500-an total inden, tapi karena ada customer yang menyatakan tidak bisa menunggu maka kami rekap lagi," jelasnya.

"Saat ini barangnya sudah ada, kami masih kumpulkan informasi dari semua dealer yang ada mulai di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, dan Medan, ada berapa konsumen yang masih mau menunggu," tutup Davy.