Pangeran Hingga Musisi Ikut Balapan, Ini Fakta Menarik Tentang Laga Pertama F1

Laili Rizqiani - Minggu, 17 Mei 2020 | 17:02 WIB

Fakta-fakta menarik tentang F1 pertama tahun 1950 (Laili Rizqiani - )

GridOto.com - Masih dalam pekan anniversary ke-70 kejuaraan Dunia Formula 1, kali ini GridOto akan memberikan beberapa fakta menarik mengenai balapan mobil paling canggih di dunia saat ini.

Apa saja?

1. Perlombaan F1 Memiliki Dua Nama

Sebelum dikenal dengan nama Formula 1 dan menjadi kasta tertinggi dalam olahraga motorsport, kejuaraan dunia ini memiliki dua gelar.

Secara resmi ajang balapan ini disebut dengan Grand Prix d'Europe, tetapi karena diadakan di tanah Inggris, maka juga disebut dengan British Grand Prix

Selain itu, tidak seperti saat ini dimana pembuka musim telah dijadwalkan secara pasti untuk dimulai pada bulan Maret, perlombaan pertama F1 berlangsung pada Mei.

Baca Juga: Ulang Tahun ke-70, Apa Saja yang Berubah dari F1 sejak 1950?

2. Woodcote adalah Tikungan Pertama yang Harus Ditaklukkan Para Pengemudi

Sejak tahun 1952 hingga 2011, Woodcote adalah tikungan terakhir di Sirkuit Silverstone.

Namun pada balap pertama tahun 1950, tikungan ini adalah sudut pertama yang harus ditangani oleh para pembalap dalam sejarah F1.

Dari sana para pembalap akan melakukan enam belokan lainnya yakni Copse, Maggots, Becketts, Chapel, Stowe dan Club sebelum tiba di tikungan terakhir, Abbey.

Pit lane dan starting grid terletak di antara Abbey dan Woodcote, dengan mobil-mobil mengantre untuk start dalam formasi 4-3-4.

Baca Juga: Ternyata Huruf 'N' dan 'E' di Mobil Balap F1 Memiliki Arti Penting, Bukan Logo Sponsor!