Menunggu Waktu Buka Puasa, Yuk Cek Masa Berlaku APAR pada Mobil

Dylan Andika - Jumat, 8 Mei 2020 | 18:00 WIB

Ilustrasi alat pemadam api ringan atau APAR pada mobil (Dylan Andika - )

GridOto.com – Bulan puasa di tahun 2020 ini tentu terasa berbeda karena sebagian besar dari kita menghabiskan waktu di rumah saja.

Namun, momen bulan puasa di rumah ini sebetulnya adalah kesempatan yang baik untuk kita bisa memberikan perhatian lebih kepada mobil kita.

Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, bagi kalian yang memasang alat pemadam api ringan (APAR) di mobil, jangan sampai lupa mengecek masa berlakunya ya.

Memasang APAR pada mobil memang bisa menjadi salah satu cara mengantisipasi atau bahkan menjadi penyelamat saat terjadi kebakaran.

istimewa
Informasi tanggal kadaluarsa alat pemadam api ringan atau APAR untuk mobil dapat dilihat pada kemasannya

(Baca Juga: Menunggu Buka Puasa? Ini Cara Mudah Hapus Bekas Permen Karet di Mobil)

Namun, yang penting untuk diingat adalah jangan sampai saat kita membutuhkannya, APAR malah tidak berfungsi.

APAR yang sudah kadaluarsa atau habis masa berlaku biasanya memiliki daya semprot dan fungsi pemadam api yang berkurang jika dibandingkan dengan APAR yang belum kadaluarsa.

Maka dari itu, pastikan kita secara rutin mengecek masa kadaluarsanya.

Nah, pada tabung kemasan APAR biasanya tertulis tanggal masa berlaku yang menunjukkan usia pakai cairan ataupun bubuk pemadam api yang ada di dalam tabung tersebut.

Jika masa berlaku sudah habis, kalian bisa mendatangi toko yang melayani penggantian APAR ataupun membeli APAR yang baru.