Ini Rahasia Girboks Transmisi Otomatis Bisa Bebas dari Endapan Kotoran

Radityo Herdianto - Senin, 11 Mei 2020 | 19:00 WIB

Ilustrasi. Magnet di Bak Oli Transmisi Otomatis (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Bekerja mengandalkan tekanan oli, kualitas oli transmisi sangat berpengaruh pada kelancaran kerja sistem transmisi otomatis.

Pergerakan komponen di dalam girboks mobil matik selama pemakaian akan menghasilkan residu kotoran yang mengurangi kualitas oli transmisi otomatis.

Untuk mencegah menurunnya kualitas oli transmisi karena endapan kotoran, ini rahasia yang dimiliki girboks transmisi otomatis.

"Girboks transmisi matik punya bagian bak oli yang bermagnet atau istilahnya magnetic pan transmission," buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.

Magnetic pan transmission terdiri dari beberapa buah magnet berbentuk kotak atau bulat yang menempel di bagian dasar bak oli girboks.

ford-trucks.com
Ilustrasi. Magnetic Pan Transmisi Otomatis

Baca Juga: Apa Benar Transmisi Matik Cepat Rusak Kalau Mobil Jarang Dipakai?

"Girboks transmisi matik kan tertutup rapat, normalnya kotoran yang dihasilkan tidak ada selain gram atau debris dari logam komponen di dalamnya," terang Hermas.

Menurut Hermas, partikel kotoran yang dihasilkan di dalam girboks transmisi otomatis tidak cukup mengandalkan filter oli karena ukurannya yang cenderung besar dan kasar.

"Bagaimana caranya supaya gram-gram ini tidak ikut saat oli bersirkulasi, diperlukan bagian yang bermagnet," lanjut Hermas.

Sehingga oli transmisi yang bersirkulasi kembali ke dalam girboks tetap bersih karena kotoran yang langsung menempel ke permukaan bak oli.

"Magnet ini juga memudahkan membersihkan kotoran di dalam girboks saat kuras oli transmisi karena terkumpul di satu bagian," tutup Hermas.