Penjualan Motor Roda Tiga Viar Meningkat Pesat, Jadi Kendaraan Penyemprot Disinfektan Buat Melawan Covid-19

Wisnu Andebar - Kamis, 9 April 2020 | 16:15 WIB

Viar Karya 200L yang 'disulap' jadi kendaraan penyemprot disinfektan. (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Sebagian besar produsen otomotif di Tanah Air mengalami penurunan jumlah produksi seiring penjualan yang terus berkurang, dampak pandemi Corona (Covid-19).

Namun, PT Triangle Motorindo, sebagai agen tunggal pemegang merek Viar justru mengalami peningkatan produksi untuk jenis motor roda tiga.

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar menjelaskan, bahwa untuk unit roda dua memang mengalami penurunan penjualan imbas virus Corona.

"Tapi motor roda tiga justru saat ini sedang dibutuhkan untuk mendukung pemerintah," kata Frengky kepada GridOto.com belum lama ini.

Baca Juga: Motor Listrik Viar New Q1 Punya Fitur Keamanan Canggih! Maling Dijamin Kecewa

Frengky memaparkan, motor roda tiga ini didesain menggunakan tangki yang digunakan sebagai kendaraan penyemprot disinfektan di pemukiman warga yang tidak bisa terjamah kendaraan roda empat.

Beberapa di antaranya sudah disalurkan ke perusahaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Istimewa
Viar Karya 200L yang 'disulap' jadi kendaraan penyemprot disinfektan.

"Kenapa kami tidak menghentikan produksi? karena ada kebutuhan pemerintah akan motor roda tiga penyemprot disinfektan," tandasnya.

"Motor ini sangat dibutuhkan untuk digunakan di rumah sakit dan pemukiman warga yang sulit untuk dilalui kendaraan roda empat," sambung Frengky.

Baca Juga: Promo Awal Tahun Khusus Pulau Jawa, Viar Cross X 150 Dibanderol Rp 13 Jutaan! Harga Normal Rp 17,9 Juta

 

Lebih lanjut Frengky mengungkapkan, kenaikan produksi untuk motor roda tiga tersebut bisa mencapai 20 persen.

"Proyek kami (motor roda tiga) ada kenaikan 20 persen untuk tangki semprot disinfektan dan unit delivery support pasar dan supermarket," imbuhnya.

Kendati demikian, tetap ada pengaturan shift kerja guna mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak satu sama lain atau social distancing.

"Jadi tim produksi tidak full tim karena kami tetap menjalankan aturan social distancing yang ditekankan pemerintah," ujarnya.

Baca Juga: Tertarik Motor Cross Viar? Ini Keunggulannya Menurut Bengkel Spesialis

Sebagai informasi, motor roda tiga bertangki ini menggunakan basis Viar Karya 200L dengan kapasitas mesin sebesar 196,9 cc.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 13,4 dk pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 13,6 Nm pada 9.333 rpm.

Viar memiliki pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah dengan ekspansi pabrik seluas 20 hektar untuk memproduksi motor secara CKD (Completely Knocked-Down).

Kapasitas produksi di pabrik ini mencapai 1.000 unit per hari, sehingga bisa dibilang sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia.