Tiga Pemasok Kanada Sepakat Akan Membantu Produksi 10.000 Ventilator

Ahyan Putra - Minggu, 29 Maret 2020 | 12:45 WIB

Linamar adalah satu dari tiga pemasok Kanada yang membantu menghasilkan 10.000 ventilator untuk Ontario (Ahyan Putra - )


GridOto.com - Tiga pemasok mobil terbesar di Kanada, yaitu Magna International Inc., Linamar Corp, dan Martinrea International sepakat untuk membantu produksi ventilator selama wabah Covid-19 yang sedang menyerang seluruh dunia termasuk provinsi Ontario.

Kesepakatan tersebut dilakukan pada pertemuan mereka bersama Pemerintah Ontario dan Asosiasi Suku Cadang Otomotif di awal minggu ini.

Dilansir GridOto.com dari Automotive News Canada, Menteri Kesehatan Ontario Christine Elliott mengatakan pada konferensi pers di Toronto, Jumat (27/3/2020) bahwa pemerintah provinsi memiliki "peran aktif" untuk 10.000 ventilator yang akan dibantu oleh pemasok.

(Baca Juga: Wuih, Elon Musk Siap Bangun Pabrik Ventilator Raksasa Demi Tanggulangi Covid-19)

Ketiga pemasok mobil tersebut nantinya akan bekerja sama dengan tiga produsen di bidang kesehatan.

Antara lain Thornhill Medical yang berbasis di Toronto untuk membangun ventilator, O-two Medical of Brampton untuk membangun ventilator portabel, serta General Motors Co yang bekerja sama dengan Ventec Life Systems untuk membangun ventilator di pabrik General Motors di Indiana.

Magna mengatakan akan membantu dalam bentuk komponen, logistik, dan pembelian.

(Baca Juga: McLaren Akan Desain Ventilator Baru Untuk Hadapi Wabah Virus Corona)

Sedangkan Linmar akan membantu dalam menyelidiki kelayakan ventilator yang diproduksi oleh mitranya.

Ia berharap dapat berperan dalam membantu menangani Covid-19.

"Kami berharap dapat turut berperan dalam menangani dampak dari pandemi global ini," Kata Linmar pada Jumat (27/3/2020).

Ia juga menambahkan akan berusaha menemukan cara agar dapat mempercepat pembuatan ventilator dan menjadikan proyek ini sebagai proyek utama yang sedang difokuskan.

(Baca Juga: Ford Akan Batalkan Pengembangan Focus RS, Ternyata Ini Alasannya)

Namun, mereka belum mengatakan kapan produksi akan dimulai dan berapa banyak ventilator yang akan dihasilkan.