Banjir Lagi! Wajib Lakukan Ini Jika Mobil Anda Terendam Banjir

Radityo Herdianto - Selasa, 25 Februari 2020 | 11:22 WIB

Ilustrasi mencabut aki mobil (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Banjir di sebagian besar wilayah Jakarta terjadi kembali Selasa pagi (25/2) akibat dari hujan deras sejak Senin malam.

Tidak sedikit juga pemilik yang berbondong-bondong mengevakuasi mobil dari pemukiman rumah untuk menghindari terendam banjir.

Bagi mobil Anda yang sulit untuk dievakuasi, wajib lakukan hal ini untuk pertolongan pertama mobil terendam banjir.

"Air menjadi musuh utama elektrikal, jadi langsung cabut aki dari mobil untuk memutus sumber listrik ke perangkat elektrikal," tekan Suryadi, Kepala Bengkel Astrido Toyota Fatmawati kepada GridOto.com.

Air menjadi konduktor paling baik untuk menghantarkan aliran listrik dari satu bagian ke bagian lainnya.

Radityo Herdianto
Kondisi Kabel Elektrikal Mobil Setelah Terendam Banjir

(Baca Juga: Beberapa Ruas Jalan di Ibukota Jakarta Terendam Banjir, Simak Lokasinya)

Mobil dalam posisi terendam yang masih terdapat sumber listrik, aliran listrik ini akan menghubungkan arus listrik positif dan negatif.

"Seharusnya terpisah, tapi karena kutub positif dan negatif sama-sama terendam malah terhubung karena air sehingga menyebabkan korsleting," jelas Suryadi.

Tidak hanya dari aki, kabel elektrikal mobil yang sudah di desain tahan air juga akan tetap menjadi penghantar listrik karena terendam air.

Korsleting pada satu titik bagian elektrikal mobil akan merembet ke seluruh perangkat elektrikal mobil karena sudah menjadi kesatuan.

"Meskipun ada sekring, tetapi kalau sama-sama terendam air fungsi sekring untuk memutus arus listrik juga tidak ada gunanya," tegas Suryadi.