Rayakan Ultah ke-50, Mercedes-Benz Indonesia Hibahkan 'Mobil' Pertama di Dunia ke Museum Nasional

Harun Rasyid - Sabtu, 8 Februari 2020 | 14:01 WIB

Replika Benz Patent-Motorwagen di Museum Nasional (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Merayakan 50 tahun eksistensinya di Indonesia, Mercedes-Benz Indonesia memberikan replika mobil pertama di dunia ke Museum Nasional Indonesia di Jakarta.

Pemberian replika Benz Patent-Motorwagen yang diketahui rakitan tahun 1885 tersebut, merupakan bentuk kontribusi sekaligus simbol sejarah mobilitas kendaraan roda empat di tanah air.

Benz Patent-Motorwagen akan terpajang dalam pameran bertajuk 'Perjalanan Menuju 50 Tahun Kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia' di Museum Nasional, mulai 8 Maret hingga 15 Maret 2020.

Harun/GridOto.com
Penandatanganan penyerahan Benz Patent-Motorwagen


Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, merasa senang pihaknya bisa memberikan bentuk salah satu karya Mercedes-Benz untuk edukasi masyarakat.

(Baca Juga: Mercedes-Benz Vito, Varian Van Terbaru yang Bikin Serasa Seperti Bos)

"Kami sangat gembira bisa mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia ke Museum Nasional, Mercedes-Benz juga telah berperan penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia sebab mobil pertama di Indonesia adalah Benz," ujar Choi, Sabtu (8/2/2020).

Harun/GridOto.com
Bagian belakang Benz Patent-Motorwagen


Benz pertama yang mendarat di Indonesia adalah Benz Victoria Phaeton pada tahun 1894 milik Pakoe Boewono X yang merupakan Sultan Solo kala itu.

Dengan itu, Choi berharap adanya Benz Patent-Wagen di Museum Nasional dapat bermanfaat bagi bidang pendidikan.

"Kami bangga di ulang tahun ke-50 Mercedes-Benz Indonesia, kami dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk mengedukasi soal sejarah budaya transportasi dan bidang pendidikan kepada masyarakat," tutup Choi.

(Baca Juga: Mercedes-AMG G63 Melar 750 mm, Kabin Tambah Lega Serasa Jet Pribadi)

Jadi bagi yang ingin melihat langsung bentuk mobil pertama di dunia tersebut, silahkan datang langsung ke Museum Nasional yang buka dari Selasa sampai Minggu pada jam 08.00 - 17.00 WIB.