Beda Sama Merek Lain, Visor Helm Arai Punya Ventilasi Udara, Ternyata Ini Loh Maksudnya

Harun Rasyid - Kamis, 30 Januari 2020 | 13:35 WIB

EyeBrow Vent helm Arai di bagian visor (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Kesalahan besar jika bicara soal helm premium dengan fitur keselamatan tinggi tanpa menyebut nama Arai.

Arai diciptakan Hirotake Arai di Jepang tahun 1926, Arai hingga kini selalu mengutamakan aspek keselamatan pemakainya.

Secara desain, Arai memang nampak seperti helm motor pada umumnya, namun jika diperhatikan lebih detail Arai memiliki EyeBrow Vent di bagian visor dan bukan dibagian batok helmnya.

Rupanya penempatan EyeBrow Vent di bagian Visor helm-helm Arai, bukan tanpa maksud atau ingin beda dari merek lain aja nih sob.

(Baca Juga: 4 Pilihan Helm yang Bikin Kamu Makin Stylish Saat Riding, Bisa Menaikkan Gengsi Juga Sob!)

Sena Pradipta, Social Media Marketing RC Motogarage Jakarta mengatakan, EyeBrow Vent di visor tersebut karena Arai tidak mau melubangi shell atau batok helmnya.

Harun/GridOto.com
Ilustrasi helm HJC yang punya EyeBrow Vent di batok helmnya.


"Biasanya kalau di merek lain ventilasi pasti ada di bagian atas batoknya, Arai itu filosofinya dari dulu safety yang utama.
Jadi mereka gak mau melubangi helm bagian atas untuk EyeBrow Vent," kata Sena saat ditemui GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Karena pihak Arai beranggapan melubangi shell bagian atas helm dapat memperlemah kekuatan dan ketahanan helmnya, makanya ventilasi ini ditaruh di bagian visor," lanjutnya kepada GridOto.com, Jumat (24/1/2020).

Namun, beberapa tipe helm Arai ternyata juga ada yang menggunakan ventilasi di bagian atas helm seperti Arai RX-7X.

(Baca Juga: Cari Sparepart Helm Arai? Gak Perlu Bingung, Nih Ada yang Nyetok Banyak)

"Ya memang ada seperti di Arai RX-7X itukan ada ventilasi juga di bagian atas helm, tapi lubang di dalam helmnya juga ukurannya kecil sekali karena alasan keamanan batoknya," tutup Sena.

Arai RX-7X


Hal ini juga yang membuat Arai tidak mau membuat helm dengan fitur double visor, seperti yang ditemui di merek-merek helm lokal.

"Arai juga gak mau membuat helm dengan double visor, alasannya karena menanam visor akan memperlemah shell helm. Kalaupun Arai ada double visor-nya itu adanya dibagian luar helm jadi bukan di dalam helm" ungkap Sena.

Artinya jika visor diletakkan di dalam helm, maka keberadaannya akan memakan area dalam helm yang punya fungsi untuk melindungi kepala.

(Baca Juga: Mau Berburu Helm Branded Seken di Bandung? Bisa Datangi Tempat Ini, Harga Boleh Ditawar!)