Resmi! Porsche Taycan Dipastikan Bakal 'Nongol' di Indonesia Tahun Ini

Harun Rasyid - Rabu, 29 Januari 2020 | 20:25 WIB
Ilustrasi Porsche Taycan
Ilustrasi Porsche Taycan

GridOto.com - Sebagai salah satu merek terkemuka di dunia, Porsche memang belum lama ini meluncurkan mobil listrik berbasis baterai atau full EV pertamanya dengan nama Taycan.

Taycan telah dirancang Porsche sejak 2015 yang kala itu masih berstatus concept, sportcar ini kemudian muncul kembali di Frankfurt Motor Show 2019 sebagai mobil listrik pertama dari merek asal Jerman tersebut.

Jason Broome, selaku Managing Director PT Eurokars Artha Utama (EAU) mengatakan, pihaknya siap membawa Porsche Taycan ke Indonesia tahun ini.

"Tahun ini kami coba mendatangkan mobil listrik yaitu Porsche Taycan, karena market mobil listrik Indonesia dinilai cukup potensial ditambah pemerintahnya juga sudah mendukung," jelas Jason, Rabu (29/1/2020).

(Baca Juga: Muncul Naik 911 Carrera S, Ini Dia Bos Baru Porsche Indonesia)

"Bisa juga nanti selain Taycan ada juga model lainnya dari Porsche, tapi Taycan seharusnya sudah ada di Indonesia bulan Oktober mendatang," sambung Jason kepada GridOto.com.

Jason mengungkapkan, elektrifikasi kendaraan roda empat di Indonesia menjadi tantangan tersendiri untuk Porsche.

Jason Broome dengan Porsche 911 Carrera S
Jason Broome dengan Porsche 911 Carrera S


"Taycan dirancang untuk memenuhi pasar mobil listrik dunia, karenanya Taycan dibuat mampu berjalan lebih dari 300 sampai 400 km agar pemakainnya efisien. Jadi, pemiliknya tidak perlu mengecas setiap hari, karena untuk pemakaian kerja atau aktivitas dalam kota seperti berbelanja atau pergi ke restauran normalnya tidak mencapai 300 km," terangnya.

"Tapi infrastruktur pendukung seperti stasiun charging harus terus berkembang, misalnya ada tempat pengecasan mobil listrik di setiap gedung. Hal inilah yang menantang kami untuk ikut mengembangkan mobil listrik melalui research," ungkap Jason.

(Baca Juga: Porsche 911 Klasik Bergaya RWB, Futuristik Pakai Mesin Listrik)

Sayangnya, Jason menjelaskan kalau Taycan yang bakal dijual di Indonesia nanti akan mengalami penyesuaian konfigurasi, atau ada perbedaan spesifikasi dengan yang dipasarkan di negara lain.

"Untuk spek kami tidak bisa sebutkan, tapi pastinya ada setting konfigurasi. Misalnya jika di mobil konvensional itu ada penyesuaian dibidang bahan bakar, karena Porsche yang dijual di Eropa dengan Asia berbeda karena di Eropa standar BBM-nya juga lebih tinggi," tutupnya.

Ditanya mengenai harga kisaran Porsche Taycan yang akan dijual di tanah air, sayangnya Jason belum bisa memperkirakan harga dari sportcar electric mobility (ELMO)  tersebut.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa