Pertamina Turunkan Harga BBM di Seluruh Wilayah Indonesia, Intip Nih Daftar Harganya di Setiap Provinsi

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 5 Januari 2020 | 17:15 WIB

SPBU Pertamina (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) menyambut pergantian tahun 2020 dengan menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM), pada Minggu (5/1/2020) pukul 00.00 waktu setempat.

Menariknya, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, penyesuaian harga BBM ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak umum jenis bensin dan solar.

(Baca Juga: Harga Bensin Pertamina di Jakarta, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite Turun!)

"Penyesuaian harga BBM Umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar Fajriyah dalam siaran resmi Pertamina yang diterima GridOto.com, Sabtu (4/1/2020).

"Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina," sambungnya.

Adapun yang mengalami penurunan harga adalah untuk jenis BBM non subsidi, seperti Pertamax series dan Dex series.

Namun, harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda, karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

(Baca Juga: Pertamina Berikan Oli Gratis Untuk Korban Banjir di Jabodetabek)