Berharap Kurangi Kepadatan Kendaraan Hingga 40 Persen, Dishub Sidoarjo Pasang APILL Pintar di 5 Titik

Gayuh Satriyo Wibowo - Jumat, 27 Desember 2019 | 15:05 WIB

Simpang Jlan Raya Bandara Juanda yang telah terpasang ATSC (Gayuh Satriyo Wibowo - )

GridOto.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo pasang perbaharui APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) dengan yang lebih canggih.

APILL baru tersebut merupakan lampu lalu lintas cerdas atau biasa disebut dengan Adaptive Traffic Control System (ATSC).

Melansir Tribunjatim.com, kini ATSC tersebut telah terpasang di lima titik berbeda.

Lima titik tersebut antara lain simpang Jalan Pagerwojo-Jalan H. Ali Mas'ud, Simpang Jalan KH. Ali Mas'ud (Transmart Sidoarjo), Simpang Jalan Jenggolo (dekat Mts Bilingual Muslimat NU Pucang), Simpang Gedangan, Simpang Raya Bandara Juanda, dan Simpang Jalan Raya By Pass Juanda-Jalan Raya Pabean.

(Baca Juga: Dishub Semarang Beri Kesan Berbeda Pada APILL Ini, Tiangnya Ikut Nyala)

Rizal Asnan, Kasi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dishub Sidoarjo mengatakan traffic light pintar ini memiliki sejumlah keunggulan.

"Terintegrasi dengan CCTV room yang ada di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo sehingga setiap ada kepadatan maka dapat langsung diketahui," ujar Rizal, Kamis (26/12).

"Selain itu sistem berjalan terkoordinir dengan memakai sensor untuk melakukan perpanjangan waktu siklus APILL ketika terjadi kemacetan," tambahnya.

Meski sudah terpasang, Rizal mengatakan APILL tersebut saat ini belum beroperasi.

(Baca Juga: Kabupaten Ini Cuma Punya Satu Lampu APILL, Itu Juga Sudah Rusak)

"Insyallah dalam minggu ini semua sudah dapat beroperasi dengan lancar. Dan rencana target seluruh Sidoarjo akan memakai sistem tersebut," tambah Rizal Asnan.

Diharapkan dengan adanya ATSC dapat mengurangi kepadatan kendaraan hingga 40 persen.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul "Dishub Sidoarjo Pasang Lampu Lalu Lintas Cerdas ATCS di 5 Titik"