Kemenhub Siapkan 55 Bus Untuk Mudik Gratis, Ini Dia Rutenya

M. Adam Samudra - Selasa, 3 Desember 2019 | 11:09 WIB

Ilustrasi terminal bus (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Kementerian Perhubungan beserta Jasa Raharja juga kembali menyelengarakan program Mudik Gratis dengan armada sebanyak 55 unit dengan kapasitas 2.475 penumpang.

Program mudik gratis ini berangkat dari Jabodetabek dan Denpasar menuju beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

 “Mudik gratis akan kita sediakan kerja sama dengan beberapa pihak. Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (3/12/2019).

Pada tahun ini, Pemerintah dan Para Operator Angkutan telah menyiapkan sarana angkutan sebagai berikut Moda jalan disiapkan sebanyak 50.317 unit bus (AKAP, AKDP dan Pariwisata), Moda penyeberangan disiapkan sebanyak 228 kapal Ro-Ro.

(Baca Juga: Kemenhub Selidiki Kecelakaan yang Merenggut 6 Nyawa di Tol Cipali)

Sementara pada moda kereta api disiapkan sebanyak 404 unit kereta api, Moda laut disiapkan sebanyak 1.293 unit kapal, dan Moda udara disiapkan sebanyak 495 unit pesawat.

Jumlah tersebut rata-rata mengalami peningkatan dibanding tahun 2018.

 “Adapun konsentrasi pengaturan pada Jalur di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur; Penyeberangan Danau Toba, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Kepulauan Maluku; Jalur wisata antara lain Puncak Bogor, Bandung, Malang, Solo, Yogyakarta, Parapat Toba; dan lokasi-lokasi lainnya yang menjadi tempat perayaan pergantian tahun,” jelas Budi0.

Kementerian Perhubungan telah melakukan rekayasa lalu lintas pada simpang yang berpotensi macet, pembatasan angkutan barang, melakukan pengaturan pada kawasan pasar tumpah.

(Baca Juga: Blak-blakan Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub: Zero ODOL Hindari Kecelakaan)

Tak hanya itu, kemenhub juga akan menempatkan petugas pada perlintasan sebidang, mengatur rute sepeda motor, mengatur kantong-kantong parkir di kawasan wisata, dan lain sebagainya.

Sementara terkait aspek keselamatan, Kemenhub telah melaksanakan ramp check terhadap sejumlah moda transportasi massal sejak 29 November - 18 Desember 2019, termasuk melakukan pemeriksaan terhadap awak pengemudi, masinis, pilot, dan nakhoda. 

 “Rampcheck sudah kita lakukan sejak dua minggu yang lalu baik itu untuk darat, udara, laut maupun kereta api," tegasnya.

"Sabtu-Minggu ini saya akan keliling ke beberapa tempat untuk memastikan pengecekan rampcheck telah dilakukan secara optimal,” sebut Menhub.