MotoSola, Panel Tenaga Surya Solusi Buat Ngecas Motor Listrik Kalau Enggak Nemu Colokan

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 27 November 2019 | 16:45 WIB

MotoSola berniat membuat add-on kanopi atau panel surya yang dapat di pasang ke motor listrik lainnya. (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Melihat motor yang dipakai MotoSola mungkin jadi teringat motor-motor roda tiga di Indonesia yang diberi semacam kanopi agar pengendaranya tidak kepanasan atau kehujanan.

MotoSola ini bukan motornya ya, tapi panel tenaga surya yang bisa dipasang di motor listrik.

Memang kalau ngomongin soal daya jelajah motor listrik yang terbatas, kebayang tiap berapa ratus kilometer harus cari colokan buat ngecas.

Namun hal tersebut enggak jadi masalah lagi karena kini, baterai lemah motor listrik sudah ada obatnya.

(Baca Juga: 8 Fakta Tentang Motor Listrik Kawasaki, Pakai Gearbox 4 Percepatan hingga Berat Tembus 200 Kg!)

MotoSola yang dibuat oleh startup asal negeri Tiongkok ini semacam add-on pada skuter motor listrik berupa panel surya yang diletakkan di atas motor.

Disebut sebagai kanopi, panel surya tersebut selain berfungsi sebagai pelindung pengendara dari terik matahari, pun sekaligus dapat penyerap panas matahari.

Dari panas yang diserap oleh panel surya tersebut, nantinya bakal diubah menjadi energi listrik dan disalurkan ke baterai sebagai tempat penyimpanan.

Baru kemudian energi listrik itu diubah lagi menjadi energi gerak, lalu digunakan untuk menjalankan motor.

MotoSola.com
MotoSola startup asal negara Cina ini, membuat sebuah inovasi dengan menyematkan panel surya pada skuter listrik besutannya.