Jalan Licin Saat Hujan? Teknologi Rem Mobil Ini Punya Peran Penting

Radityo Herdianto - Sabtu, 23 November 2019 | 13:00 WIB

Ilustrasi mobil yang terkena hujan (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Ketika musim hujan, kondisi permukaan jalan cenderung menjadi licin karena basah dan tergenang air.

Kondisi di musim hujan ini membuat daya cengkram ban mobil tentu menjadi berkurang, salah satunya pengaruh pada aspek pengereman.

Untuk itu ada satu teknologi di rem mobil yang memiliki peran penting dalam keselamatan saat musim hujan, yaitu rem ABS.

"Fungsi utama dari rem ABS adalah untuk mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman, terutama jalanan yang licin saat terjadi hujan," buka Bernard Simanjuntak, Senior Original Equipment Sales Manager PT Robert Bosch kepada GridOto.com.

Gejala roda mobil terkunci bisa terjadi karena saat melakukan pengereman, ban kehilangan grip terhadap permukaan jalan.

Radityo Herdianto
Pengemudi profesional melakukan manuver pengereman mobil dengan dan tanpa ESP® dari Bosch saat uji k

(Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Cat Mobil Warna Putih Perlu Perawatan Ekstra?)

Sedangkan saat mengerem, kaliper rem dalam posisi menjepit cakram untuk mengurangi kecepatan laju roda tetapi karena hilangnya grip ban membuat roda mengunci atau berhenti total.

"Pada rem ABS terdapat modul yang berperan mengatur timing pengereman secara pulse dalam waktu yang sangat cepat," jelas Bernard.

Ketika sensor rem ABS pada roda mendeteksi ban selip atau mengunci, modul akan memerintahkan ECU mobil untuk melepas jepitan kaliper rem dari cakram agar ban kembali mendapat grip.

Setelah ban kembali mendapat grip kaliper rem akan kembali menjepit cakram untuk menghentikan laju mobil.

"Rem ABS akan sangat terasa manfaatnya bila pengemudi melakukan pengereman secara penuh atau mendadak sehingga kendaraan tetap terkendali," ujar Bernard.