Merawat Defogger Kaca Depan, Tak Kalah Penting Dengan Kaca Belakang

Taufan Rizaldy Putra - Kamis, 31 Oktober 2019 | 17:00 WIB

Tak hanya kaca belakang, kaca depan juga dibekali dengan defogger. (Taufan Rizaldy Putra - )

GridOto.com - Selain kaca belakang, kaca depan juga dibekali dengan defogger meski bentuknya berbeda.

Jika kaca belakang menggunakan kawat tembaga yang dipanaskan dengan aliran listrik, defogger kaca depan mengandalkan hembusan AC lewat ventilator khusus.

Defogger kaca depan ini berfungsi untuk menghapus embun yang timbul di kaca depan saat berkendara dalam hujan, sehingga visibilitas pengendara tetap terjaga.

Karena itu, sebelum curah hujan semakin tinggi dalam beberapa waktu ke depan, ada beberapa tips dari GridOto.com dalam merawat fitur yang satu ini.

Karena defogger kaca depan menggunakan hembusan AC, maka kinerja evaporator pendingin suhu kabin ini patut dijaga.

Radityo Herdianto
Banyak yang belum tahu bahwa lubang ventilasi dekat kaca depan itu fungsinya sebagai defogger.

(Baca Juga: Berkendara Saat Hujan, Gunakan Fitur Defogger Agar Visibiltas Terjaga)

"Sama seperti AC ya, jadi merawatnya sudah satu sepaket saat merawat komponen AC. Seperti mengganti filter AC, mengisi freon, memastikan evaporatornya masih bagus," ungkap Sunarya, teknisi dari Salsa Car Audio & Accessories di Bekasi Timur.

Filter AC atau kabin letaknya ada di dalam dasbor, biasanya ada di balik glove box atau laci penyimpanan yang berada di depan penumpang depan.

Dengan kondisi jalan yang berdebu, Anda patut memberi perhatian ekstra yang lebih rutin terhadap komponen ini, baik itu dibersihkan atau diganti.

"Jika filter AC sudah kotor, dapat mengganggu kinerja AC meski freon dan evaporator masih bekerja dengan baik. Selain itu juga bisa membawa penyakit karena debu dan kotorannya. Dapat menimbulkan bau kurang sedap juga," terang Sunarya.