Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Begini Posisi Kaki Saat Mengerem

Radityo Herdianto - Senin, 2 September 2019 | 19:00 WIB

Mobil yang terlibat kecelakaan di Tol Cipularang (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Senin siang (2/9), terjadi kecelakaan tabrakan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan di ruas Tol Cipularang KM 91, Purwakarta, Jawa Barat.

Menurut kesaksian korban asal Bekasi yang dikutip dari Kompas.com, dump truck tiba-tiba mengerem dan menyebabkan kendaraan lain tabrakan beruntun.

Ternyata posisi kaki saat menginjak pedal rem bisa menentukan waktu dan jarak pengereman saat kendaraan di depan terjadi kecelakaan beruntun.

"Yang paling benar adalah posisi tumit kaki sejajar dengan pedal rem dan menjadi titik tumpu saat kaki bergerak di antara pedal rem dan pedal gas," tegas Adrianto Sugiarto Wiyono, Intruktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) kepada GridOto.com.

Bukan tanpa alasan, menurut Adrianto pada posisi kaki seperti ini ketika mendadak ingin melakukan pengereman Anda tinggal miringkan ruas kaki ke pedal rem dari pedal gas.

Ilustrasi kaki menginjak pedal rem mobil

(Baca Juga: Nih Jarak Aman Mobil Saat Mengemudi Di Jalan Tol, Jangan Terlalu Dekat)

Posisi ini memberikan waktu dan refleks yang lebih singkat daripada saat Anda harus mengangkat kaki saat berpindah posisi antara pedal gas dan rem.

Kalau dalam kondisi krusial dan membutuhkan pengambilan keputusan cepat, pengemudi cenderung panik dan posisi tersebut malah cenderung mempersulit kecepatan waktu untuk melakukan pengereman.

"Sama halnya bila meletakkan tumit kaki sejajar pedal gas, saat mengerem memiringkan kaki ke pedal rem kekuatan injakan tidak akan lebih kuat daripada saat posisi tumit sejajar dengan pedal rem," jelas Adrianto.

Karena pedal gas tidak memerlukan injakkan yang kuat saat mobil melaju, berbeda dengan pedal rem yang harus Anda injak kuat ketika mendadak terjadi sesuatu pada kendaraan di depan.