Mantap! Pakai Knalpot WRX, Tenaga Honda ADV150 Melesat Jadi Segini Sob

Harry - Jumat, 9 Agustus 2019 | 14:48 WIB

Knalpot WRX GP3 K2 mampu naikkan tenaga Honda ADV150 (Harry - )

GridOto.com-Komponen aftermarket Honda ADV150 sekarang ini mulai banyak bermunculan, salah satunya adalah knalpot, yang menawarkan kenaikan performa mesin dari motor tersebut.

Salah satu merek yang menyediakan knalpot untuk motor tersebut adalah WRX dengan tipe GP3 K2, dan telah melakukan uji performa di atas mesin dyno test.

Pastinya supaya ketahuan berapa besar peningkatan tenaga dan torsi yang didapat, setelah mengganti komponen tersebut. Penasaran seperti apa hasilnya?

(Baca Juga: Knalpot Racing WRX GP3 Untuk Skuto Honda ADV150, Begini Suaranya)

Pertama-tama, motor dalam kondisi standar diukur dulu tenaga dan torsinya menggunakan mesin dyno test. Hasilnya tenaga mencapai 12 dk dan torsi 9,7 Nm.

Baru kemudian knalpot WRX dipasangkan dan kembali performa motor diukur, hasilnya ada kenaikan pada tenaganya loh.

Grafik dyno serta data tenaga dan torsi Honda ADV150 setelah ganti knalpot WRX

"Tenaganya naik jadi 13 dk dari sebelumnya 12 dk," ujar Indrawan Wijaya, Pemilik brand knalpot WRX dan RX8 ini kepada GridOto.

Tapi untuk torsi justru enggak ada perubahan, baik naik atau turun. "Torsi sebelum dan sesudah ganti knalpot tetap diangka 9,7 Nm, sama sekali enggak berubah," lanjutnya.

WRX saat ini menawarkan knalpot tipe GP3 K2 dengan 2 varian, yakni stainless steel (SS) seharga Rp 1,25 juta dan half blue (HB) seharga Rp 1,35 juta.