PBB Hukum Korea Utara Impor Barang Mewah, Gimana Kim Jong Un Bisa Dapat Mercedes-Benz S-Class Lapis Baja?

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 19 Juli 2019 | 07:45 WIB

Mobil Mercedes-Benz milik presiden Korea Utara Kim Jong Un (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Sebuah investigasi dilakukan halaman berita The New York Times.

Investigasi itu menyelidiki bagaimana Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, bisa mendapatkan mobil Mercedes-Benz berlapis baja yang ia gunakan sebagai mobil kepresidenan.

Mengutip dari Carscoops, pada April lalu Associated Press menghubungi pihak Daimler terkait dengan munculnya Mercedes S-Class yang muncul beberapa kali pada pertemuan penting kenegaraan di Korea Utara.

Pihak Daimler mengatakan tidak tahu menahu mengenai bagaimana S-Class tersebut bisa sampai di Korea Utara.

Sebagai informasi, pengiriman barang-barang mewah dilarang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai sanksi terhadap Korea Utara.

(Baca Juga: Ini Toilet di dalam Mobil Presiden Korea Utara)

The New York Times memulai investigasi di sebuah pelabuhan di Rotterdam, Belanda, di mana terlihat beberapa mobil lapis baja Mercedes-Benz antipeluru dimuat ke sebuah kapal.

Setelah 41 hari di laut, mobil-mobil itu tiba di Cina dan kemudian dikirim ke Jepang dengan kapal terpisah, sebelum sekali lagi dipindahkan ke kapal lain dan dikirim ke Korea Selatan.

Dari pelabuhan Korea Selatan, mobil tersebut diangkut dengan kapal Rusia yang sengaja dimatikan alat pelacaknya, membawa mobil ke Vladivostok Rusia.

Rupanya dari situ pesawat pengangkut yang terbang dari Korea Utara menjemput mobil-mobil Mercedes tersebut di Vladivostok.