Begini Cara Membuat dan Memasang Pintu Gunting di Mitsubishi Xpander

Aditya Pradifta - Selasa, 21 Mei 2019 | 17:08 WIB

Xpander berkonsep sporty elegant dengan pintu gunting (Aditya Pradifta - )

GridOto.com - Pada dasarnya semua mobil bisa dibuat pintu gunting, termasuk pada Mitsubishi Xpander.

Kali ini GridOto.com akan mengulas bagaimana proses membuat dan memasang pintu gunting pada Mitsubishi Xpander.

"Kami bisa buat dan pasang pintu gunting untuk semua mobil, jadi pertama kita buat engselnya. Kami sudah produksi jadi bolt on. Sengaja biar prosesnya plug and play," buka Bondi, punggawa Linet Lambodoor terkait modifikasi pintu gunting Mitsubishi Xpander.

Aditya Pradifta
Proses pembuatan engsel pintu gunting di Linet Lambodoor

Makanya salah satu Mitsubishi Xpander yang bikin pintu gunting juga memakai engsel buatan Linet Lambodoor dan dikirim langsung ke Kalimantan.

"Sebetulnya malah sudah ada 3 Xpander yang pesan engsel untuk pintu gunting. Pertama orang Kendari tapi dia belum sempat pasang. Kedua orang Kalimantan. Ketiga baru ini di Jakarta," ujar Bondi.

Untuk proses pembuatannya sendiri Linet Lambodoor menggunakan metode 'ngemal' atau mengkopi cetakan untuk mengetahui ukuran engsel pintu, lubang dan dudukannya.
Aditya Pradifta
Engsel pintu gunting terlihat rapi

"Jadi nanti pemasangan sudah menyesuaikan dengan dudukan engselnya, enggak ada perubahan seperti bor dan las karena sudah dibuat pas di dudukan engselnya," imbuhnya.

Ia menambahkan memang tidak semua mobil sudah tersedia engselnya.

Untuk Xpander, Bondi menganalisa ada pengecualian, "Xpander itu kalau di kami (Linet Lambodoor) itu masuk MPV namun punya ukuran pintu cukup besar seperti SUV kecil" jelas Bondi.
Aditya Pradifta
Xpander makin kece dengan pintu gunting

Soal harga cukup keluarkan ongkos sebesar Rp 7 juta hingga Rp 8 juta untuk pembuatan engsel dan pemasangan pintu gunting di Linet Lambodoor.