Blak-blakan Vincent Lo: Punya Peran Penting untuk Safety, Kesadaran Masyarkat Akan DVR Masih Rendah

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 29 April 2019 | 20:50 WIB

Vincent Lo, selaku Direktur PT. Sarana Berkat saat ditemui GridOto.com dalam rubrik blak-blakan. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Saat ini fitur-fitur keamanan pada mobil semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah penggunaan Digital Video Recorder yang akrab disebut dengan DVR atau camera dashcam.

DVR ini biasanya diletakkan di dalam mobil, yang berfungsi merekam atau membatu pengawasan terhadap segala kejadian yang terjadi selama perjalanan.

"Nah sebenarnya fungsi DVR itu untuk apa? untuk safety, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kan jadi ada bukti," kata Vincent Lo, selaku Direktur PT. Sarana Berkat, distriburtor resmi merek Hella di Indonesia.

"Saat ini DVR banyak ragamnya, ada yang merekam terus menerus, ada yang bisa otomatis untuk looping, dan ada juga yang benar-benar merekam ketika kendaraan terjadi benturan," imbunya saat ditemui GridOto.com beberapa waktu lalu.

(Baca Juga : Blak-blakan Winston Wiyanta: Meski Berstatus Anak Pemilik Perusahaan, tapi Memulai Karir dari Bawah)

Meski begitu, lebih lanjut Vincent menyayangkan akan kesadaran masyarakat di Indonesia akan fitur tersebut masih terbilang minim.

Bahkan, dalam penggunaanya DVR ini kadang diplesetkan ke hal-hal yang negatif.

Padahal dengan camera dashcam ini bisa menjadi barang bukti untuk membela diri jika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan pada saat di jalan.

"Contoh kesadaran pengemudi untuk memiliki DVR ini masih rendah, belum sampai di taraf tinggi seperti di negara-negara Asia lainnya," kata Vincent lagi.

"Bagaimana diterapkan di undang-undang kita belum tahu, tapi kan ini bisa jadi sedikit bukti untuk membela diri (jika memang tidak salah). Apalagi kondisi lalu lintas seperti di Jakarta ini (yang padat)," tutupnya.