Sebelum Kejadian, Ini Tips Cegah Yamaha NMAX Sulit Distarter

Isal - Rabu, 13 Maret 2019 | 19:15 WIB

Starter Elektrik Yamaha NMAX Kotor jadi sulit dinyalakan (Isal - )

GridOto.com - Penyebab Yamaha NMAX sulit dinyalakan atau distarter disebabkan oleh kotoran yang mengganggu beberapa kerja komponen.

Baik yang terdapat di tombol elektrik starter, ataupun sensor side stand switch (sensor standar samping).

Untuk mencegah kotoran menempel dan hinggap di kedua komponen di atas ternyata sederhana saja.

"Kalau untuk tombol starter, secara berkala harus dibuka dan dibersihkan konektornya," buka Yoga Ningrat, owner Yoga Motoshop (YMS) kepada GridOto.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Dalam memilih lampu motor, selain melihat tingkat terangnya baiknya kita melihat juga tingkat derajat kelvin dari lampu. Karena selama ini masih banyak yang salah kaprah dalam membaca tingkatan kelvin lampu ini. Tingkatan kelvin adalah kepakatan cahaya. Jadi makin tinggi angka kelvin justru sinar akan berwarna semakin pekat bukan semakin terang. Apalagi banyak lampu model HID yang dijual bebas tanpa edukasi yang tepat ke konsumen. Lampu-lampu tersebut berada di angka 7.000-8.000 K. Sementara untuk amannya Untuk motor di angka 3.000-4.300 kelvin saja, #gridoto #gridototips #settinglampu #headlamp #tingkatankelvin #kelvin #newr25

A post shared by GridOto Tips Motor (@gotipsmotor) on

(Baca Juga : Kenali Tanda yang Muncul Saat Klep Motor Sudah Minta Disetel Ulang)

"Atau bisa juga disemprot cairan khusus seperti WD40," ujar pria yang buka bengkel di Jalan Sederhana 7 No.158 Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Hal serupa juga bisa digunakan untuk mencegah sensor standar samping (side stand switch kotor) terganggu fungsinya karena kotor.

Fadhliansyah
Usir karat dengan cairan WD-40

"Tapi umumnya sensor standar samping korosi bisa disebabkan kotoran dan karena jarang dipakai," ujar pria yang akrab disapa Yoga ini.

"Kalau sudah korosi cukup semprotkan dengan WD-40 sudah cukup," pungkasnya.

(Baca Juga : Honda CBR250RR yang Sudah Berusia 3 Tahun Wajib Cek Area Ini)