Uji Coba Tilang Elektronik, Polisi: Tahun Depan Jakarta Ada Kamera Semua

M. Adam Samudra - Senin, 1 Oktober 2018 | 11:39 WIB

Menuju uji coba tilang elektronik (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE). 

Sebagai uji coba, sebanyak empat kamera akan disebar di empat titik persimpangan di sepanjang Jalan Sudirman-M.H. Thamrin.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusuf menyampaikan uji coba tilang elektronik akan berjalan mulai awal bulan Oktober ini.

"Masyarakat itu baru mau tertib kalau ada polisi, bagiamana supaya tidak ada polisi mereka tertib, akhirnya di Jakarta Oktober ini saya buat bagimana pengawasan terhadap kendaraan itu mengunakan CCTV," ujar Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jumat (28/9/2018).

(BACA JUGA: Ini lho Prosedur E-Tilang, Kenali Syaratnya)

"Kita buat seperti itu karena prinsipnya kami bangga dengan Jakarta, kita buat hal positif sehingga nama Jakarta itu menjadi salah satu contoh untuk daerah-daerah lain," sambungnya.

Dalam registrasi itu, Polda akan meminta pemilik kendaraan agar mencantumkan nomor handphone atau alamat e-mail, sehingga apabila terjadi pelanggaran bukti tilangnya dapat dikirimkan kepada pemilik kendaraan.

"Jadi mereka bisa mengcapture dan memfoto sehingga terkoneksi dengan TMC tilangnya langsung datang kerumah," sambungnya.

"Untuk itu tahun depan Jakarta akan ada kameranya semua, jadi enggak akan ada lagi pelanggaran," bebernya.