Ini Detail Tol Brebes-Pemalang yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi Bulan Agustus

Ditta Aditya Pratama - Sabtu, 28 Juli 2018 | 21:13 WIB

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol (Ditta Aditya Pratama - )

GridOto.com - Meski sudah dipakai sebagai tol fungsional saat mudik lebaran kemarin, jalan tol ruas Brebes-Pemalang baru akan diresmikan bulan depan.

Jalan tol ruas Pejagan Pemalang Seksi III (Brebes Timur-Tegal) sepanjang 10,45 kilometer dan IV (Tegal-Pemalang) sepanjang 26,90 kilometer direncanakan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus mendatang.

Tahap konstruksi tol ini sudah seratus persen. Hanya saja ada sejumlah kelengkapan jalan tol yang belum dipasang.

"Prinsipnya sudah bisa digunakan. Pembangunan fisik sudah selesai. Hanya saja pengoperasian secara penuh menunggu peresmian dan kesiapan dari pemerintah pusat," kata pelaksana teknis Pejagan-Pemalang Toll Road (PPTR) PT Waskita, Parta Kumba, saat di gerbang tol Tegal di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Sabtu (28/7/2018).

(BACA JUGA: Enggak Nyangka! Ternyata Segini Harga Honda BeAT di Malaysia)

Adapun tol ini dibangun demi menjawab kepadatan volume kendaraan yang kerapkali terjadi di jalur pantura Jateng.

Tol ruas ini saat Lebaran 2018 lalu digunakan untuk arus mudik meskipun belum jadi seratus persen. Setelah itu, ditutup kembali untuk melanjutkan pembangunan.

Selama ditutup, jalan tol dari arah Jakarta hanya sampai Brebes Timur. Kendaraan akan keluar dari pintu tol Brexit dan menuju jalan arteri pantura.

"Masih ada pekerja yang sedang memasang kelengkapan atau pendukung jalan tol. Misalnya, halaman kompleks perkantoran pengelola jalan tol, penyelesaian pemasangan pagar di gardu tol, dan di rest area," jelasnya.

(BACA JUGA: Honda Vario Ditemukan Warga di Semak-semak, Tapi Ban Depannya Kok Hilang?)

Ia menerangkan, ruas tol sepanjang 37 kilometer itu dilengkapi empat tempat rehat atau rest area. Yakni dua rest area Tipe A dan dua Tipe B.

Dua rest area Tipe B yakni Penarukan dan Cacaban dan Tipe A Lebeteng dan Kertasari Kabupaten Tegal.

Untuk rest area Tipe B tidak dilengkapi fasilitas SPBU, hanya sebatas tempat parkir (parking bay), kios, musala, dan kamar mandi.

"Sedangkan pintu gerbangnya terdapat dua, yakni di Kabupaten Tegal di Kecamatan Adiwerna dan gerbang tol Gandulan di Kabupaten Pemalang," tutup Patra.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Begini Detail Proyek Jalan Tol Brebes Timur- Pemalang yang Akan Diresmikan Agustus