Pasang Indikator Gear di Motor, Biar Gak Salah Saat Oper Gigi

Luthfi Anshori - Kamis, 14 Juni 2018 | 14:14 WIB

Ilustrasi penggunaan indikator gigi tambahan (Luthfi Anshori - )

GridOto.com – Tidak semua motor bertransmisi manual dan semi otomatis dibekali fitur penunjuk posisi gigi (gear position).

Bagi yang sudah biasa tentu tidak masalah, tapi bagi para bikers pemula, indikator penunjuk gigi ini sangat penting.

Baik pada motor bebek atau tipe sport, terkadang fitur simpel ini tidak hadir dan digantikan hanya dengan indikator lampu netral dan posisi gigi teratas.

Solusinya, ada aksesori berupa indikator gigi tambahan yang dapat dipasang pada motor yang belum terdapat fitur posisi gigi tersebut.

Cara pemasangannya sendiri ada dua jenis, menyambung kabel indikator gigi tambahan ke sensor netral di motor atau dihubungkan dengan kabel yang menuju ECU (Electronic Control Unit) pada motor.

(BACA JUGA:Mau Riding Pakai Moge? Perlu Latihan Dulu Bro)

 

Untuk posisi peletakkannya, ada model yang dipasang kedalam panel penunjuk kecepatan atau terpisah seperti pada area dasbor atau setang motor.

Dengan adanya indikator gear ini, proses mengoper gigi pun jadi mudah. Jadi enggak gampang salah memperkirakan posisi gear yang bakal diinjak.

Tampilan pada dasbor motor pun jadi lebih menarik dan informatif karena kini posisi gigi terlihat jelas sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri ketika berkendara.

Nah itulah kegunaan dari adanya indikator gear tambahan, walaupun fungsinya sederhana tetapi perannya begitu penting bagi pengendara motor saat di perjalanan.