Mengalami 'Microsleep' Saat Perjalanan Mudik? Ini Tips Mencegahnya

Radityo Herdianto - Senin, 28 Mei 2018 | 20:50 WIB

Ilustrasi mengemudi saat mudik (Radityo Herdianto - )

GridOto.com-Salah satu bahaya yang dialami pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jelang lebaran adalah microsleep.

Microsleep adalah kejadian dimana seseorang tertidur atau kehilangan kesadaran beberapa saat, meskipun secara fisik terlihat terjaga.

Microsleep biasanya disebabkan karena lelah, terlalu lama mengemudi

Sebagian besar kecelakaan fatal dalam perjalanan mudik adalah akibat dari microsleep ini.

"Untuk mencegahnya, pengemudi harus tidur yang cukup selama tujuh sampai sembilan jam pada malam hari sebelum melakukan perjalanan jauh," ujar dr. Ratih Rosalina, dokter konsultan medis Laboratorium Pramita saat ditemui GridOto.com (25/5).

(BACA JUGA: Bahaya Mengemudi Beban Berlebih Saat Mudik Lebaran)

Agar stamina dan konsentrasi tetap terjaga, setiap mengemudi selama empat jam harus berhenti istirahat sekali dalam waktu beberapa saat untuk meregangkan otot dan menghirup udara segar.

Namun dr. Ratih menambahkan, tidak harus sampai empat jam jika sudah mulai merasa lelah dan mengantuk segeralah berhenti di tempat aman atau yang sudah disediakan untuk istirahat beberapa saat sebelum kembali mengemudi.

Saat mengemudi, Anda juga bisa lakukan aktivitas seperti mengobrol dengan penumpang, bernyanyi, atau mendengarkan lagu dengan tempo yang cukup cepat namun tidak mengganggu konsentrasi mengemudi.

"Hindari konsumsi obat yang menimbulkan rasa kantuk dan minuman beralkohol," tutup dr. Ratih.