Ini Tips Menjaga Club Tetap Kompak dan Awet ala "Satu Darah"

M. Adam Samudra - Minggu, 25 Maret 2018 | 23:15 WIB

Club Motor Satu Darah Maluku Chapter Indonesia (M. Adam Samudra - )



GridOto.com- Sama seperti komunitas lainnya, komunitas motor juga memiliki visi dan misi yang harus dicapai. 

Lantas bagimana supaya suatu club motor atau komunitas itu bisa bertahan dan solid?

Sani selaku Nomet atau lebih dikenal Pengatur Chapter yang berada di tanah air, "Satu Darah" Indonesia mengatakan kekompakan dalam sebuah komunitas sangatlah penting.

"Komitmen dalam berkelompok atau memutuskan untuk berkumpul bersama-sama. Indonesia ini memiliki ragam perkumpulan namun rentan sekali dengan perpecahan," kata Sani kepada GridOto.com di Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Dalam sebuah komunitas diperlukan pengertian, tanpa ada pengertian antar anggota maka komunitas tidak akan solid dan yang ada hanya ada pertikaian di dalamnya.

(BACA JUGA:Keren! Bebek Pertama Yamaha Ternyata Sudah Monoshock, Ini Penampakannya)

"Karena niat orang berkumpul itu saat sedang bicara persaudraan ya persaudaraan, kalau sedang berbicara soal hobi, ya hobi," ucapnya.

"Jangan dikaitkan dengan hal-hal diluar itu, itu yang kadang-kadang membuat suatu kelompok itu mudah terpecah dan bubar," tambahnya.

"Karena waktu belum ada siapa-siapa semuanya bersatu, begitu mulai besar semua mulai mengedepankan kepentingan sendiri," ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa tips yang bisa terapkan dalam sebuah komunitas untuk mempertahankan kekompakan.

"Jadi tips saya buat teman- teman club atau komunitas motor apapun kalau memang ingin bersatu, bersatulah bahwa perbedaan itu adalah hal yang mempersatukan kita," tutupnya.