Atasi Macet Tol Jakarta- Cikampek, Menhub Lakukan Penilangan Tiap Hari

M. Adam Samudra - Senin, 22 Januari 2018 | 12:10 WIB

Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta bakal terapkan aturan mobil jenis truk nggak boleh masuk di jam t (M. Adam Samudra - )

GridOto.com- Saat ini, jalan tol Jakarta-Cikampek sering mengalami kemacetan yang sudah melampaui batas.

Bahkan, jika menuju Bandung via jalan darat bisa ditempuh mencapai selama 5-6 jam.

Karenanya, dalam kurun waktu dua minggu ini untuk mengatasi masalah tersebut Kementerian Pehubungan (Kemenhub) tingkatkan safety dan level of service pada jalur tersebut.

“Saat ini lama waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung selama 5-6 jam berarti sudah jauh dari rasa nyaman," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangannya di Jakarta, Senin (22/1).

"Kami bersama-sama dengan Korlantas, Jasa Marga dan BPJT merekomendasikan beberapa hal untuk segera kita berlakukan dalam kurun waktu paling lama 2 minggu untuk meningkatkan safety dan level of service,” paparnya.

Untuk meningkatkan kedisiplinan dirinya juga bakal melakukan tilang setiap hari bagi kendaraan angkutan barang yang melanggar dari segi muatan maupun dimensi.

“Dalam waktu dekat ini akan kita lakukan tilang, dalam hal ini saya mengusulkan Korlantas untuk lakukan tilang setiap hari karena dari lima kendaraan berat yang dites tidak ada satu pun yang sesuai, bahkan ada yang bermuatan dua kali lipat dari batas angkutan barangnya," tegasnya.