Terungkap! Ternyata Ini Alasan Sepatbor Belakang Motor Berwarna Hitam

Nur Pramudito - Selasa, 16 Januari 2018 | 19:11 WIB

Kenapa spatbor berwarna hitam (Nur Pramudito - )

GridOto.com - Meski sering menggunakan sepeda motor, belum tentu kamu memperhatikan mengapa warna sepatbor depan dan belakang berbeda.

Umumnya, sepatbor depan dikelir dengan warna senada bodi, sedangkan belakang hampir semua motor berwarna hitam.

Salah satu alasannya adalah bahan material yang digunakan, yakni polipropilena (PP).

Bahan ini merupakan material plastik yang memiliki kualitas cukup baik, apalagi untuk sepatbor belakang yang lebih sering kena benturan saat di jalan.

Sama seperti semua produk, selain memiliki sifat baik, ada juga sisi buruknya, yakni permukaan material yang lebih kasar dari bahan plastik lainnya.

(BACA JUGA : Video Cara Melepas Sepatbor Belakang Kawasaki Ninja 650, Biar Tambah Sporty Sob)

Secara tidak langsung, hal ini membuat sepatbor belakang sulit untuk dicat.

"Biasanya kalau dicat akan mudah pecah seperti retak-ratak. Istilahnya "ngangkat" karena permukaan sepatbor tidak bisa menyerap cairan cat.

Kalau dipegang, umumnya sepatbor belakang orisinal permukaannya kasar," papar Olid dari Gondrong Sticker.

Selain karena kasar, lanjut Olid, bahan plastik jenis ini juga terlalu lentur.

Sisi menguntungkankannya adalah lebih aman saat kena benturan, tetapi susah untuk dimodifikasi, seperti dicat atau ditempeli stiker.

(BACA JUGA : Waduh! Siap-siap Motor Tanpa Sepatbor Didenda)

"Kalau mau dipaksa pasang stiker atau cat, harus diamplas dulu permukaannya hingga halus.

Tujuannya agar pori-pori terbuka sehingga mudah untuk melekat, tetapi tidak jadi jaminan soal daya tahannya," kata Olid.

 

Banyak orang hanya terfokus pada masalah karburator dan oli saat membahas tentang motor. Padahal, ada beberapa benda pada motor yang harus tetap ada dan mendapat perhatian ekstra. Pasalnya, jika benda-benda ini bermasalah atau tidak ada, akan mengancam keselamatan pengendaranya. Berikut 4 bagian yang motor yang sering dilupakan sob. Jangan lupa bro, kunjungi GridOto.com (klik link di bio) #motor #sepedamotor #partmotor #sparepart #behelmotor #jalustang #minyakrem #rem #tipsotomotif #tipsmotor #tipskendaraan #gridoto #kompasgramedia #otomotif #duniaotomotif #otomania #motorplus #motorplusonline #jip #otomotifweekly #kompasotomotif #gridnetwor

A post shared by GridOto (@gridoto) on