Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kementerian PUPR Tuntaskan 3 Ruas Jalur Pansela Jatim, Segini Panjangnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 11 November 2023 | 17:30 WIB
Kementerian PUPR rampungkan 2 ruas Jalan Pansela baru di Jawa Timur.
dok. Kementerian PUPR
Kementerian PUPR rampungkan 2 ruas Jalan Pansela baru di Jawa Timur.

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan 3 ruas jalan baru di Jalur Pantai Selatan (Pansela) Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Panjang total 3 ruas jalan baru tersebut mencapai 90,227 km, sehingga total Jalan Pansela Jatim yang sudah terbangun hingga kini adalah 372,82 km dari total panjang 628,39 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Pembangunan Jalan Pansela Jatim diharapkan dapat menjadi jalur wisata wilayah pesisir pantai selatan dan memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan untuk mengurangi beban lalu lintas Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa.

"Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata," ujar Basuki dalam keterangan resminya, Jumat (11/11/2023).

Tiga ruas jalur Pansela di Jatim yang telah selesai dan siap diresmikan adalah ruas Jarit-Puger di Kabupaten Lumajang sepanjang 54,135 Km.

"Pembangunan jalan ini dikerjakan pada 2019-2022 dengan biaya senilai Rp 257 miliar, termasuk pembangunan Jembatan Paseban I dan II sepanjang 82,80 meter," terang Basuki.

Selanjutnya ruas Simpang Balekambang–Kedungsalam di Kabupaten Malang sepanjang 18,062 km, biaya pembangunannya senilai Rp 227,73 miliar dengan masa pelaksanaan 2019-2022.

"Terakhir, ruas Prigi-Klatak-Brumbun sepanjang 18,03 km yang dilaksanakan pada 2020-2023 dengan biaya sebesar Rp 602,545 miliar," jelasnya.

Sebagai informasi, ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa, mulai dari Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Baca Juga: Banyak Lokasi Pariwisata, Menteri PUPR Ajak Masyrakat Mudik Lebaran 2023 Lewat Pansela

Lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Berikutnya Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km.

Kemudian di Provinsi DI Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km.

Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul–Sendangbiru–Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 km.

Editor : Dida Argadea
Sumber : Pu.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa