Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viral Toyota Fortuner Dikawal Dishub, Begini Komentar Polisi

M. Adam Samudra - Kamis, 12 Oktober 2023 | 15:05 WIB
Momen petugas Dishub bermotor melakukan pengawalan terhadap Toyota Fortuner
Istimewa
Momen petugas Dishub bermotor melakukan pengawalan terhadap Toyota Fortuner


GridOto.com - Sebuah video yang menampilkan dua orang anggota Dinas Perhubungan (Dishub), melakukan pengawalan terhadap Toyota Fortuner berwana putih viral di media sosial.

Video tersebut pun viral setelah diunggah oleh akun Instagtam @kabarbintaro.

"Momen petugas Dishub bermotor melakukan pengawalan kendaraan mobil hingga masuk tol itu terekam oleh pengguna akun tiktok @hondareBanyak yang mempertanyakan apakah boleh petugas Dishub lakukan pengawalan hingga masuk jalan Tol," tulis admin @kabarbintaro dalam caption postingannya.

Belum diketahui secara pasti jalan tol mana yang dilalui oleh pengguna Toyota Fortuner yang dikawal kedua anggota Dishub.

Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ojo Ruslani, mengatakan bahwa pengawalan hanya boleh dilakukan oleh pihak kepolisian saat GridOto konfirmasi.

"Bila mengacu kepada Undang-Undang No 2 Tahun 2002 Pasal 14 Ayat 1 huruf a, untuk pelaksanaan tugas pokok Polri dalam melaksanakan Turjawali terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai dengan kebutuhan. Berarti kewenangan melaksanakan pengawalan berada di pihak kepolisian," kata Ojo saat dihubungi GridOto.com, Kamis (12/10/2023).

Ia menambahkan, dalam suatu pengawalan ada tindakan kepolisian yang di antaranya pengaturan memberhentikan dan mengarahkan pengguna jalan.

"Hal tersebut di atas (video) adalah kewenangan dari kepolisian lalu lintas khususnya," tegasnya.

Baca Juga: Beralih ke Kendaraan Listrik, Dishub DKI Pakai 186 Motor Listrik Selis Agats Edisi Patroli

Soal pengawalan kendaraan ini diatur dalam Pasal 134 dan 135 UU Lalu Lintas tentang hak utama pengguna jalan untuk kelancaran.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa