Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nyesek! Kabin Mitsubishi Xpander Terpaksa Dibongkar Total Gara-gara Makhluk Kecil Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 20 Mei 2023 | 17:38 WIB
Tangkap layar kabin Mitsubishi Xpander dibongkar total karena kabel digigit tikus.
TikTok @zubir.motif
Tangkap layar kabin Mitsubishi Xpander dibongkar total karena kabel digigit tikus.

GridOto.com - Viral di media sosial sebuah Mitsubsihi Xpander yang harus dibongkar total di bagian kabinnya karena mengalami kerusakan di bagian kabelnya.

Yang menjadi sorotan, ternyata kerusakan kabel di bagian kabin Mitsubishi Xpander tersebut merupakan ulah makhluk kecil yang memang kerap bikin repot, yakni tikus.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @zubir.motif pada Selasa (16/5/2023), disebutkan kalau hewan pengerat itu menggigit beberapa kabel di kabin sampai putus, dan bisa membahayakan pengguna kendaraan.

“Sekadar kita bagi informasi, ada satu Xpander punya owner kita sudah kena serangan tikus. Mungkin sebabnya ada makanan yang ketumpahan ketika mengkonsumsi makanan di dalam mobil," beber pria dalam video.

Pria itu mengimbau jika ada tumpahan makanan di kabin mobil, sebaiknya langung dibersihkan dan jangan dibiarkan makanan itu sampai mengendap, karena bisa mengundang tikus masuk ke kabin.

"Ini mobil masih bagus sekali tapi bagian kabel-kabelnya sudah digigit tikus. Ini kalau dibiarkan kelamaan, wire-wire ini bisa rusak parah,” jelasnya.

@zubir.motif Bongkar interior mobil karna serangan tikus =================== #fypシ゚viral #tikus #rayap ♬ suara asli - ZUBIR MOTIF

Terkait hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Sobat GridOto terapkan untuk mencegah mobil jadi sarang tikus selain langsung membersihkan tumpahan makanan.

"Setidaknya panaskan mesin mobil secara rutin, minimal setiap tiga hari sekali supaya ada udara panas keluar," terang Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, udara di bagian terpencil seperti kolong mobil atau di balik bemper menjadi tidak lembab, dimana biasanya habitat tikus berada di tempat yang lembab dan dingin.

Baca Juga: Keciduk Dugaan Pungli Xpander Rotator Kuning 'Detasemen 235' di Tol

Sambil memanaskan mesin, Anda bisa juga sambil mengemudikan mobil sekitar 10 hingga 15 menit.

"Supaya ada pergerakan dari mobil, selain mekanikal mobil tetap bekerja tikus juga enggan untuk bersarang di sekitar mobil," ujar Hermas.

Sebagai proteksi tambahan saat mobil sedang terparkir, Anda bisa taburi mobil dengan kapur barus atau kamper yang bisa dibeli di minimarket terdekat.

Letakkan di bagian terpencil yang bisa menjadi potensi tikus bersarang seperti di ruang mesin, kolong mesin, di balik bemper, atau sasis bawah mobil.

Editor : Dida Argadea
Sumber : TikTok @zubir.motif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa