Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Kini Punya Pabrik LRB, Alat Peredam Gempa yang Banyak Dipakai di Jalan Tol dan Jembatan

Naufal Shafly - Jumat, 3 Februari 2023 | 13:05 WIB
Ilustrasi penggunaan LRB pada jalan layang
Dok. Binamarga
Ilustrasi penggunaan LRB pada jalan layang

GridOto.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, hadir dalam peresmian pabrik PT Magdatama Multi Industri, Senin (30/1/2023).

Pabrik tersebut akan memproduksi Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Join, serta memiliki fasilitas uji seismic isolator bernama MSLAB.

Buat yang belum tahu, LRB adalah bantalan karet inti timbal atau komponen peredam gempa yang saat ini banyak diaplikasikan di Indonesia, terutama pada struktur jembatan di jalan tol.

Komponen tersebut memiliki kemampuan redam yang sangat baik, sehingga mampu menjaga keamanan struktur saat terjadi gempa.

Adapun LRB tersebut sudah terpasang di beberapa ruas jalan tol di Indonesia, misalnya saja Tol Dalam Kota (Kelapa Gading-Pulo Gebang), Tol Trans Sumatera serta Tol Bogor Ring Road.

Menurut Basuki, komponen LRB tersebut akan dipasangkan di jalan dan jembatan lainnya, serta bangunan di titik rawan gempa.

Sebelum diproduksi dalam jumlah banyak, LRB harus diuji coba dalam kondisi dinamik gempa, untuk membuktikan performa dan karakteristiknya.

Ilustrasi pemasangan LRB pada jalan di Indonesia.
Dok. Binamarga
Ilustrasi pemasangan LRB pada jalan di Indonesia.

Saat ini telah tersedia fasilitas pengujian dinamik gempa dengan kecepatan tinggi untuk Seismic Isolator yang pertama di Indonesia, MSLAB, dimana mesin uji ini termasuk yang terbesar di Asia Tenggara. 

“Kami (Kementerian PUPR) telah memiliki peta titik-titik daerah rawan gempa, ke depannya LRB ini akan diaplikasikan juga pada bangunan-bangunan di daerah rawan gempa," ucap Basuki dalam keterangan resminya, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga: Ambulans Partai Kawal Bus Dihentikan Polisi, Dalih Bawa Bantuan Korban Gempa, Ternyata...

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa