Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Kertosono-Kediri Digarap Tahun Ini, 16 Desa di Nganjuk Terdampak Pembebasan Lahan

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 2 Februari 2023 | 14:20 WIB
Ilustrasi. Proyek Jalan Tol Kertosono-Kediri ditargetkan bisa dimulai pada 2023.
jasamarga.com
Ilustrasi. Proyek Jalan Tol Kertosono-Kediri ditargetkan bisa dimulai pada 2023.

GridOto.com - Pemerintah menargetkan pembangunan proyek Jalan Tol Kertosono-Kediri, Jawa Timur, digarap pada 2023 dengan catatan pembebasan lahannya mencapai 75 persen.

Jumlah lahan yang dibutuhkan Jalan Tol Kertosono-Kediri terhitung mencapai 2.149.363,36 m2, yang tersebar di Kabupaten Kediri dan Nganjuk.

Di Kabupaten Nganjuk sendiri jumlah lahan yang dibebaskan kurang lebih mencapai 1.768.183,54 m2, dan tersebar di 16 desa di tiga kecamatan.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), Arie Irianto, menyebutkan kalau Jalan Tol Kertosono-Kediri nantinya terhubung dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono yang sudah beroperasi sejak 2018.

Dengan begitu, total panjang Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri yang dikelola JNK mencapai 108,3 Km.

"Jalan tol ini juga akan menghubungkan sejumlah pusat perekonomian di Jawa Timur bagian selatan, dan mempermudah akses menuju Bandara Internasional Kediri," ujar Arie, dikutip dari Tribunmataraman.com, Kamis (02/01/2023).

Ia menjelaskan, jalan tol tersebut bakal dilengkapi dengan satu junction di Kedungsoko, Tulungagung, untuk menghubungkannya dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Ditambah ada dua interchange di Nganjuk yang terhubung ke Jalan Raya Balen-Sugihwaras dan di Kediri yang terhubung ke Jalan Raya Banyakan.

Baca Juga: Proyek Tol Kertonoso-Kediri Makin Cepat Direalisasi, Konsultasi Publik Sudah Dilakukan

Kemudian untuk Jalan Tol Kertosono-Kediri juga dilengkapi dengan dua gerbang tol (GT), yakni GT Sugihwaras dan GT Kediri.

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunMataraman.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa