Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jarang Disadari Pemilik, Begini Ciri Relay Starter Motor Rusak

Uje - Rabu, 30 November 2022 | 18:40 WIB
Relay starter Yamaha kode 5TP GridOto.com - Jarang disadari pemilik, begini ciri relay starter motor rusak.  Starter elektrik di motor yang mendadak sulit untuk digunakan biasanya diakibatkan oleh kerusakan pada part relay starter.  Masalahnya, memang masih banyak pemilik yang kurang menyadari ciri kerusakan relay starter.  "Kalau starter elektrik motor tiba-tiba sulit digunakan, pemilik motor sering menyimpulkannya masalahya di aki," ucap Agus Supriyadi owner bengkel Langit Speed Evolution.  Baca Juga: Tips Servis CVT Vespa Matic, Ini Pilihan dan Harga Kampas Ganda di Bengkel Spesialis  "Padahal part kecil seperti relay yang bermasalah itu bisa bikin starter motor jadi susah digunakan," ungkap Agus yang bengkelnya di Jl. Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.  Buat yang belum paham, fungsi relay ini adalah meneruskan arus dari aki menuju dinamo untuk memutar kruk as untuk menyalakan motor.  "Jika terjadi kerusakan, tentu arus dari aki tidak akan mampu diteruskan ke dinamo starter. Jadi tidak akan bisa hidup motornya," lanjut Agus.  Ciri relay starter ini rusak adalah muncul bunyi cetek-cetek ketika tombol starter ditekan.  Baca Juga: Menurut Mekanik, Ini Waktu yang Tepat Buat Infus Injector Motor Injeksi    "Starter cuma cetek-tetek, tapi kalau tombol lain seperti klakson atau sein ditekan biasanya masih berfungsi normal. Kalau aki yang tekor pasti komponen lain juga melemah fungsinya," tegas Agus.  Jika sudah muncul ciri itu, Agus sarankan untuk lakukan pengecekan kondisi relay pakai multi tester.  "Biasanya mekanik untuk memastikan dites pakai multi tester. Tapi daripada ribet baiknya memang ganti baru saja," tutup Agus.  Nah, itu tadi ciri relay starter motor yang rusak.  Jadi jika motor kalian muncul bunyi cetek-cetek saat digunakan dan motor tidak mau hidup, kemungkinan relay starter bermasalah.
Shopee
Relay starter Yamaha kode 5TP GridOto.com - Jarang disadari pemilik, begini ciri relay starter motor rusak. Starter elektrik di motor yang mendadak sulit untuk digunakan biasanya diakibatkan oleh kerusakan pada part relay starter. Masalahnya, memang masih banyak pemilik yang kurang menyadari ciri kerusakan relay starter. "Kalau starter elektrik motor tiba-tiba sulit digunakan, pemilik motor sering menyimpulkannya masalahya di aki," ucap Agus Supriyadi owner bengkel Langit Speed Evolution. Baca Juga: Tips Servis CVT Vespa Matic, Ini Pilihan dan Harga Kampas Ganda di Bengkel Spesialis "Padahal part kecil seperti relay yang bermasalah itu bisa bikin starter motor jadi susah digunakan," ungkap Agus yang bengkelnya di Jl. Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Buat yang belum paham, fungsi relay ini adalah meneruskan arus dari aki menuju dinamo untuk memutar kruk as untuk menyalakan motor. "Jika terjadi kerusakan, tentu arus dari aki tidak akan mampu diteruskan ke dinamo starter. Jadi tidak akan bisa hidup motornya," lanjut Agus. Ciri relay starter ini rusak adalah muncul bunyi cetek-cetek ketika tombol starter ditekan. Baca Juga: Menurut Mekanik, Ini Waktu yang Tepat Buat Infus Injector Motor Injeksi "Starter cuma cetek-tetek, tapi kalau tombol lain seperti klakson atau sein ditekan biasanya masih berfungsi normal. Kalau aki yang tekor pasti komponen lain juga melemah fungsinya," tegas Agus. Jika sudah muncul ciri itu, Agus sarankan untuk lakukan pengecekan kondisi relay pakai multi tester. "Biasanya mekanik untuk memastikan dites pakai multi tester. Tapi daripada ribet baiknya memang ganti baru saja," tutup Agus. Nah, itu tadi ciri relay starter motor yang rusak. Jadi jika motor kalian muncul bunyi cetek-cetek saat digunakan dan motor tidak mau hidup, kemungkinan relay starter bermasalah.

GridOto.com - Jarang disadari pemilik, begini ciri relay starter motor rusak.

Starter elektrik di motor yang mendadak sulit untuk digunakan biasanya diakibatkan oleh kerusakan pada part relay starter.

Masalahnya, memang masih banyak pemilik yang kurang menyadari ciri kerusakan relay starter.

"Kalau starter elektrik motor tiba-tiba sulit digunakan, pemilik motor sering menyimpulkannya masalahya di aki," ucap Agus Supriyadi owner bengkel Langit Speed Evolution.

Baca Juga: Tips Servis CVT Vespa Matic, Ini Pilihan dan Harga Kampas Ganda di Bengkel Spesialis

"Padahal part kecil seperti relay yang bermasalah itu bisa bikin starter motor jadi susah digunakan," ungkap Agus yang bengkelnya di Jl. Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Buat yang belum paham, fungsi relay ini adalah meneruskan arus dari aki menuju dinamo untuk memutar kruk as untuk menyalakan motor.

"Jika terjadi kerusakan, tentu arus dari aki tidak akan mampu diteruskan ke dinamo starter. Jadi tidak akan bisa hidup motornya," lanjut Agus.

Ciri relay starter ini rusak adalah muncul bunyi cetek-cetek ketika tombol starter ditekan.

Baca Juga: Menurut Mekanik, Ini Waktu yang Tepat Buat Infus Injector Motor Injeksi

Posisi relay starter di Honda BeAT ada di dekat box sekring
Dok GridOto
Posisi relay starter di Honda BeAT ada di dekat box sekring

Ternyata Enggak Semua AHASS Bisa Lapis Rangka eSAF Gratis, Ini Alasannya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa