BPH Migas Sebut Pembelian BBM Subsidi Lewat MyPertamina Efektif Cegah Penyalahgunaan

Wisnu Andebar - Kamis, 30 Juni 2022 | 13:05 WIB
Menteri ESDM mengatakan akan ada penyesuaian harga baru untuk jenis bensin Pertalite dan Solar.
Dok. Otomotif
Menteri ESDM mengatakan akan ada penyesuaian harga baru untuk jenis bensin Pertalite dan Solar.

GridOto.com - Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menggunakan MyPertamina, dinilai Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) jadi solusi yang efektif agar penyalurannya lebih tepat sasaran.

Saleh Abdurrahman, Anggota Komite BPH Migas mengatakan, ada empat poin penting yang harus ditentukan jika berbicara mengenai BBM bersubsidi.

"Di antaranya meliputi volume, harga, konsumen, dan tidak kalah penting adalah pengawasan dan pengendalian  yang dilakukan oleh BPH Migas," kata Saleh dalam diskusi yang dilakukan secara virtual, Rabu (29/6/2022).

Digitalisasi dalam hal ini MyPertamina, menurut Saleh penting untuk melakukan pengawasan terhadap penentuan volume, harga, dan konsumen BBM bersubsidi.

"Aplikasi MyPertamina yang akan diuji coba diyakini bisa menjawab berbagai penyimpangan, penyalahgunaan, dan pengisian berulang terhadap BBM bersubsidi," tuturnya.

Dengan begitu, penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran dan bisa meningkatkan produktivitas masyarakat.

Lebih lanjut, pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina nantinya akan diatur sesuai kriteria yang ditentukan.

Peraturannya sendiri akan dimuat dalam revisi Perpres 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran BBM.

Dalam revisi Perpres tersebut salah satu kategori yang dipastikan tidak boleh membeli BBM bersubsidi yaitu mobil mewah.

Baca Juga: Berlaku Besok, Ini Alasan Uji Coba Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Diterapkan di 11 Wilayah

Sebagai informasi, pembelian BBM bersubsidi jenis yaitu Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina bakal mulai diuji coba di 11 wilayah pada 1 Juni 2022.

Adapun 11 wilayah yang dipilih untuk uji coba beli Pertalite dan Solar pakai MyPertamina ini di antaranya Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat.

Lalu Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan serta Kota Bandung, Kota Ciamis, Kota Tasikmalaya dan Kota Sukabumi di Jawa Barat.

Selanjutnya Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kota Manado, Sulawesi Utara.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa