Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Xpander Ultimate Digasak Maling, Sistem Immobilizer Berhasil Dibobol, Bengkel Resmi Beberkan Sejumlah Penyebab

Harun Rasyid - Selasa, 12 April 2022 | 19:40 WIB
Mitsubishi Xpander Ultimate rakitan 2019 digondol maling meski dilengkapi Smart Key Immobilizer.
Facebook.com
Mitsubishi Xpander Ultimate rakitan 2019 digondol maling meski dilengkapi Smart Key Immobilizer.

GridOto.com - Satu unit Mitsubishi Xpander Ultimate lansiran 2019 raib digondol maling di wilayah Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Minggu (10/4/2022) .

Kasus Mitsubishi Xpander Ultimate digondol maling ini menimbulkan tanda tanya besar, lantaran Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut sudah dilengkapi pengamanan ganda lewat Smart Key dan Immobilizer.

Padahal Immobilizer dikenal sebagai fitur yang seharusnya bisa melindungi kendaraan dari tindak laku pencurian.

Selain itu, kunci remot kendaraan berkelir merah dengan nopol B 2396 TYY ini juga tidak hilang atau dirampas oleh maling.

Kepala Bengkel dealer Mitsubishi Lautan Berlian Utama di Depok, Agustinus, pun mengaku belum pernah menemui kasus serupa saat dikonfirmasi mengenai kejadian tersebut.

"Kalau di bengkel dan dari pihak Mitsubishi sih kayaknya belum pernah ada kasus seperti ini," ujarnya kepada GridOto.com, Selasa (12/4/2022).

Agustinus menyebut, terdapat sejumlah indikasi yang menyebabkan sistem Immobilizer di Mitsubishi Xpander bisa dibobol maling.

Duplikasi Kunci Mobil Immobilizer
Radityo Herdianto / GridOto.com
Duplikasi Kunci Mobil Immobilizer


"Kemungkinan kunci diduplikat jika mobilnya pernah dibawa sopir atau orang lain. Sebab, software untuk Immobilizer ini rahasia bengkel resmi dan tidak bisa kami kasih ke pihak luar," ucapnya.

Spekulasi berikutnya, maling sudah mempelajari cara membobol sistem Immobilizer dengan alat atau teknologi yang canggih.

Baca Juga: Dilengkapi Teknologi Canggih, Mitsubishi Xpander Ultimate Ini Tetap Raib Digondol Maling

Lanjut menurut Agustinus, mobil yang hilang karena Immobilizer dibobol maling ini tidak bisa diklaim oleh garansi dari pabrikan.

"Ini tetap karena kesalahan pemakai, jadi tidak bisa diklaim garansi karena memang komponen electrical ini tidak dapat garansi dari pabrikan," ungkapnya.

Sebagai informasi, alasan utama penggunaan sistem Immobilizer pada kunci kendaraan tentu karena alasan keamanan dari pencurian.

Sistem ini terbilang aman karena bisa mencegah mesin hidup ketika kunci kontak tidak sesuai.

Di samping itu, immobilizer memiliki pattern atau pola kunci tersendiri yang berfungsi dengan memanfaatkan variasi gelombang radio sebagai identitas kunci pada suatu kendaraan. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa