Konstruksi Rampung, Tol Cinere-Pamulang Bakal Tembus Serpong, Uji Laik Fungsi Ditargetkan Kuartal I 2022

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:15 WIB
PT Cinere Serpong Jaya targetkan uji laik fungsi Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere pada Kuartal I 2022.
Dok. Jasa Marga
PT Cinere Serpong Jaya targetkan uji laik fungsi Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere pada Kuartal I 2022.

GridOto.com - PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Jalan Tol Serpong-Cinere, mengumumkan bahwa konstruksi Seksi II Ruas Pamulang-Cinere telah rampung.

Jalan tol sepanjang 3,64 Km tersebut akan masuk tahap tahap Uji Laik Fungsi (ULF), yang ditargetkan dapat terlaksana pada Kuartal I 2022 mendatang.

"Proses ULF merupakan tahap terakhir dari rangkaian progres pembangunan Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere, sebelum dioperasikan dan bisa digunakan oleh masyarakat," ujar Mirza Nurul Handayani, Direktur Utama CSJ dalam siaran resmi Jasa Marga, Kamis (27/1/2022).

Mirza menjelaskan, ULF dilaksanakan untuk memastikan semua persyaratan teknis dan kelengkapan yang ada di ruas jalan tol, sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Dengan segala fasilitas dan pelayanan operasional yang telah disiapkan, Mirza pun optimis Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere  Seksi II bakal lulus tahap ULF.

"Kegiatan ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan hingga pihak Kepolisian melalui Korlantas Polri," papar Mirza.

Lebih lanjut, Mirza juga mengungkapkan bahwa target pengoperasiannya menyesuaikan dengan rampungnya Jalan Tol Cinere-Jagorawi Ruas Limo-Kukusan, yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ).

"Hal ini karena ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere di Km 35+250 akan tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Ruas Cinere-Limo," kata Mirza lagi.

"Jika kedua ruas ini telah tersambung maka akses keluar terdekat untuk pengguna jalan adalah Gerbang Tol (GT) Limo yang akan dioperasikan oleh PT TLKJ," ungkapnya.

Baca Juga: Korban Google Maps, Pengendara Motor Jadi Dapat Tilang di Tol Serpong

Adapun Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere ini, akan melengkapi Ruas Serpong-Pamulang yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan dioperasikan pada April 2021 lalu.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 Km, terdiri dari Seksi I Ruas Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km dan Seksi II Ruas Pamulang Cinere sepanjang 3,64 Km.

"LHR kendaraan akan meningkat mengingat adanya potensi pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi)," tutur Mirza.

"Serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) yang dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2," pungkasnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa