Pakai Cara Ini Proses Bleeding Rem Cakram Motor Jadi Lebih Cepat

Mohammad Nurul Hidayah - Senin, 13 Desember 2021 | 18:10 WIB
Ilustrasi minyak rem motor di master rem
Dok Motorplus
Ilustrasi minyak rem motor di master rem

Gridoto.com - Ada cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk membuat proses bleeding rem cakram motor menjadi lebih cepat.

Bleeding rem sendiri secara sederhana bisa diartikan sebagai proses pengisian minyak rem ke seluruh komponen pengereman hidrolis di motor.

Proses bleeding ini biasanya butuh waktu lumayan lama agar semua cairan minyak rem mengisi semua ruang di komponen rem motor.

Tapi Fauzan Mubarok, mekanik dari bengkel Abighail yang ada di Depok, Jawa Barat punya trik agar prosesnya bisa berjalan cepat.

Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas, Ciri-ciri Slang Rem Cakram Mulai Rusak

"Proses bleeding yang lama itu biasa kalau kita habis membongkar seluruh sistem rem seperti master rem, slang dan kalipernya," ucap Ojan sapaan akrab Fauzan.

Pasalnya, proses menurunkan minyak rem dari master rem ke kaliper itu berjalan perlahan seiring dengan dorongan dari piston master rem.

Normalnya proses bleeding dilakukan dengan mengisi minyak di master rem dan memompanya hingga semua bagian terisi minyak rem
Uje
Normalnya proses bleeding dilakukan dengan mengisi minyak di master rem dan memompanya hingga semua bagian terisi minyak rem

Jadi butuh trik khusus agar proses bleedingnya berjalan lebih cepat.

"Agar lebih cepat, masukan dulu minyak rem ke slang rem sampai terisi penuh," sarannya.

Baca Juga: Apakah Cakram Motor yang Tidak Rata, Masih Aman Buat Digunakan?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa