PLN Siap Layani Kebutuhan Lima Juta Kendaraan Listrik di Indonesia Lewat 250 SPKLU, Diskon Besar Hingga Layanan Digital

Harun Rasyid - Kamis, 25 November 2021 | 19:50 WIB
Ilustrasi SPKLU milik PLN
Harun/GridOto.com
Ilustrasi SPKLU milik PLN

GridOto.com - PT PLN (Persero) terus bergerak dengan berbagai cara demi mendukung penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Hikmat Drajat, Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PT PLN (Persero) mengatakan, pihaknya sudah siap menyanggupi kebutuhan pengecasan kendaraan listrik hingga jutaan unit.

"Kami bisa menyerap beban kebutuhan EV (Electric Vehicle) meskipun sudah ada 5 juta unit yang dimiliki masyarakat. Sebab kondisi fasilitas kelistrikan sudah siap di Jawa, Bali, Kalimantan dan kota mana pun kami siap," ujarnya dalam seminar di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Tangerang Selatan, Kamis (25/11/2021).

Hal tersebut diungkapkan Hikmat lewat target PLN dalam mendirikan 115 SPKLU yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan wilayah Indonesia lainnya hingga akhir 2021.

"Jadi jika ditotal, kurang lebih ada 250 SPKLU di Indonesia demi mendukung elektrifikasi kendaraan," jelas Hikmat.

Selain itu Hikmat menyebut, PLN telah menyediakan berbagai produk untuk mendukung kemudahan penggunaan kendaraan listrik.

"Kami mengeluarkan diskon tarif overnight charging 30 persen dari pukul 22.00 sampai 05.00 WIB. Jadi pemilik EV yang normalnya mengeluarkan biaya Rp 1.600 per 1 Kwh atau setara 10 km perjalanan, akan lebih ekonomis lagi ketimbang memakai mobil konvensional yang habis sekitar Rp 9.000 per 10 km," ucapnya.

"Di samping itu sudah ada sekitar 300 pemilik EV yang terintegrasi dengan billing system Home Charging PLN dengan diskon tarif tersebut. Jadi PLN sudah memberi kemudahan," sambung Hikmat.

Baca Juga: Kasih Kemudahan, Beli Mobil Listrik Nissan dan Hyundai Dapat Charging AC dan Subsidi PLN Naikkan Daya


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa