Ekosistem Jadi Tantangan Toyota Dalam Memasarkan Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia

Naufal Shafly - Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
Ilustrasi Toyota C-HR Hybrid. Salah satu model elektrifikasi yang dijual Toyota di Indonesia.
Rianto P
Ilustrasi Toyota C-HR Hybrid. Salah satu model elektrifikasi yang dijual Toyota di Indonesia.

GridOto.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah mengumumkan komitmen mereka dalam hal elektrifikasi kendaraan di Tanah Air.

Toyota secara gamblang menyebut pihaknya akan mulai memproduksi kendaraan hybrid di Indonesia mulai tahun 2022.

Selain itu, dalam beberapa waktu belakangan Toyota juga telah melakukan berbagai edukasi kepada konsumen, terkait kendaraan listrik seperti Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

"Kami kan multi-pathway, saat ini kami sudah memperkenalkan BEV, PHEV, dan HEV. Tentu saja kami tidak akan berhenti hanya sampai di sini," ucap Henry Tanoto, Vice Presiden TAM, saat ditemui di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021).

Selain mengedukasi konsumen, salah satu tantangan yang harus dihadapi pabrikan dalam era elektrifikasi adalah membangun ekosistem dari kendaraan itu sendiri.

"Untuk kesiapannya memang ekosistem paling penting ya. Jadi kami sekarang sedang memikirkan bagaimana ekosistem kendaraan listrik ini dibangun," ucap Henry.

Menurut Henry, salah satu langkah paling sederhana dalam membangun ekosistem kendaraan listrik adalah mempersiapkan jariangan dealer.

"Kalau soal kesiapan dealer sudah pasti, itu sudah dapat dipastikan bahwa customer tidak perlu khawatir memakai produk hybrid, plug in hybrid maupun BEV-nya Toyota, karena kami sudah siapkan dealer-dealer kami untuk support," jelasnya.

Baca Juga: Selain Mobil Hybrid, Toyota Siap Rakit Baterai Kendaraan Listrik di Karawang


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa