Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GIIAS 2021

Penjualan Suzuki Melejit Selama Periode Januari-Oktober 2021, Produk Buatan Dalam Negeri Mendominasi Hingga 93 Persen

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 15 November 2021 | 18:30 WIB
Suzuki All New Ertiga di GIIAS 2021.
Dok. SIS
Suzuki All New Ertiga di GIIAS 2021.

GridOto.com - Mulai pulihnya kinerja pasar otomotif Tanah Air, turut memberikan dampak positif terhadap penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sepanjang 2021 ini.

Selama periode Januari hingga Oktober 2021, brand asal Jepang dengan logo 'S' tersebut mencatatkan kenaikan penjualan retail (dealer ke konsumen) sebesar 24,7 persen dan untuk wholesales mencapai 46,9 persen.

"Walaupun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, alhamdulillah kami masih bisa melakukan improvement dari sisi penjualan," ujar Hendro Kaligis, Head of Business Development SIS saat berada di GIIAS 2021, Senin (15/11/2021).

Hendro menjelaskan, peningkatan ini didominasi oleh model yang diproduksi secara lokal (Completely Knock Down/CKD), yang berkontribusi mencapai 93 persen untuk wholesales maupun retail sales Suzuki secara nasional.

"Secara kontribusi, backbone penjualan Suzuki adalah tiga unit ini (New Carry Pikap, XL7 dan All Ertiga)," papar Hendro lagi.

"Kontribusi penjualan All New Carry pikap sebesar 57 persen, XL7 sebesar 16 persen dan All New Ertiga 13 persen terhadap penjualan nasional Suzuki," lanjutnya.

Suzuki New Carry Pick Up
Istimewa
Suzuki New Carry Pick Up

Hendro menambahkan, faktor lain yang turut berkontribusi terhadap meningkatnya penjualan Suzuki di Indonesia adalah insentif PPnBM 100 persen dari pemerintah yang berlaku sejak Maret 2021 lalu.

"Jadi ada dua model Suzuki yang mendapatkan insentif PPnBM 100 persen, All New Ertiga dan XL7. Maret terhadap Oktober 2021 penjualan All New Ertiga tumbuh hingga 338 persen, sementara XL7 ini tumbuh 121 persen," tutur Hendro lagi.

"Kami sangat bersyukur dan apresiasi sekali langkah yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung dan menggerakkan perekonomian secara strategis melalui program ini (insentif PPnBM 100 persen)," pungkasnya.

Baca Juga: All New Ertiga Suzuki Sport FF Resmi Meluncur di GIIAS 2021, Apa Saja Keunggulannya?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa