Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bensin Dicampur Minyak Kayu Putih Bikin Irit Kendaraan, Aman atau Tidak? Begini Jawaban Ahli

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:05 WIB
Minyak kayu putih obat covid-19 dan penghemat bensin
Via motorplus/Aong
Minyak kayu putih obat covid-19 dan penghemat bensin

GridOto.com - Terdapat banyak manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, seperti meredakan saat terkena flu dan menghangatkan badan.

Namun bagi sebagian bikers, minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai bahan campuran aditif agar konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih irit.

Bahkan, penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif pada bahan bakar ini juga sudah dijadikan thesis oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang.

Judul karya ilmiah tersebut 'Pengaruh campuran minyak kayu putih pada Pertalite terhadap kinerja motor bensin Honda Supra X 125 R'.

Dalam karya ilmiah tersebut dijelaskan, minyak kayu putih bisa digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan mengurangi pencemaran.

Caranya dengan memformulasi bahan bakar dengan zat aditif yang berfungsi untuk memperkaya kandungan oksigen dalam bahan bakar.

Dengan menambahkan zat aditif minyak kayu putih sebesar 4 ml dalam 1 liter bensin dapat menaikan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar.

Lantas, bolehkah mencampur bensin seperti Pertalite dengan minyak kayu putih dalam jangka panjang?

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) pun mengungkapkan pendapatnya.

Menurut pria yang akrab disapa Yus ini, penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif bahan bakar malah akan mempengaruhi performa mesin bila digunakan jangka panjang.

"Minyak kayu putih memang sudah lama memiliki isu meningkatkan oktan dan bikin irit, tapi karakternya yang kesat berpotensi mengurangi lubricity bahan bakar," ujar Prof. Yus kepada GridOto.com, Senin (25/10/2021).

"Jadi kalau saya lihat kemungkinan malah mengurangi kemampuan bahan bakar untuk melumasi jika digunakan jangka panjang," sambungnya.

Baca Juga: Banyak yang Bilang Mobil Tua Diisi BBM Oktan Tinggi Bikin Performanya Mantap, Komentar Ahli Justru Sebaliknya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa