Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BBM Langka, Pengusaha Truk Jawa Tengah Ngeluh Biosolar Dibatasi di SPBU

M. Adam Samudra - Senin, 18 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Kelangkaan BBM jenis solar membuat antrean puluhan kendaraan bus dan truk mengular di SPBU  Baldono, Salam, Kabupaten Magelang, Minggu (17/10).
TribunJogja.com
Kelangkaan BBM jenis solar membuat antrean puluhan kendaraan bus dan truk mengular di SPBU Baldono, Salam, Kabupaten Magelang, Minggu (17/10).

GridOto.com - Isu kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Biosolar, seolah menjadi cerita yang tidak pernah usai.

Pasalnya situasi ini hampir selalu terjadi di triwulan terakhir setiap tahunnya.

Sudah dua minggu ini kelangkaan Biosolar kembali terjadi hampir di seluruh pulau Sumatera, serta di Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dampaknya, terjadi antrian panjang truk-truk yang akan mengisi Biosolar selama berjam-jam di Jawa.

Bahkan di Sumatera bisa sampai berhari-hari, sehingga membuat arus distribusi logistik di berbagai daerah terhambat.

Hal tersebut dikeluhkan oleh Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi & Logistik DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng & DIY, Agus Pratiknyo.

Menurutnya, selain harus mengantri selama berjam-jam, pembelian Biosolar pun dibatasi dengan jumlah berbeda di tiap SPBU.

"Untuk truk Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), hal seperti ini tentu saja sangat menyulitkan, karena terpaksa harus sering mengantri dan membuang waktu dalam perjalanannya," kata Agus melalui keterangannya, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Bahaya! Ini Risiko Membersihkan Mesin Motor Pakai Bensin atau Solar

Seperti diketahui, pihak kepolisian juga sudah melakukan penangkapan terhadap beberapa 'pemain BBM bersubsidi' yang mengakibatkan kelangkaan di beberapa daerah.

Sebagai solusi, Agus mengusulkan agar Pertamina memperketat pengawasan terhadap semua SPBU di seluruh Indonesia.

"Hal ini agar tidak terjadi kebocoran penjualan BBM bersubsidi ke sektor industri dengan menggunakan tangki yang dimodifikasi," tutupnya.

"Sebenarnya sudah lama dilakukan pendataan penjualan Biosolar oleh petugas di semua SPBU, namun sampai saat ini kami tidak tahu untuk apa sebenarnya pendataan itu, kalau untuk pengendalian suplay BBM bersubsidi kan mestinya sudah bisa dikalkulasikan dengan pendataan itu," ucapnya.

"Kami berharap pemerintah mau serius memikirkan soal kelangkaan Biosolar yang sering terjadi ini," tutupnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa