Gampang! Begini Cara Bersihkan Mesin Motor Pakai Engine Degreaser

Muhammad Farhan - Senin, 27 September 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi pakai cairan engine degreaser di mesin motor
Istimewa
Ilustrasi pakai cairan engine degreaser di mesin motor

GridOto.com – Gampang banget! Begini cara membersihkan endapan kerak dan kotoran di bagian mesin motor pakai cairan engine degreaser.

Karena pemakaian, bagian sekitar mesin motor bisa kotor akibat tumpukan debu dan biasanya enggak bisa dibersihkan hanya dengan sabun cuci biasa.

Nah, untuk membersihkannya dengan aman kalian hanya perlu siapkan engine degreaser, kuas dan kain lap tanpa perlu mencuci motor terlebih dahulu.

“Namun pastikan mesin motor dalam kondisi dingin, tujuannya supaya cairan enggak mengering dan bisa membersihkan dengan maksimal,” terang Agvendri Hassan, mekanik bengkel Digioto yang ada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ternyata Ini Arti Istilah Jet Cooled di Motor Suzuki 2-Tak

Kalau sudah siap, kocok botol engine degreaser sebelum digunakan, lalu semprotkan ke bagian mesin yang ingin dibersihkan.

Selanjutnya kalian bisa ratakan cairan dengan cara diusapkan pakai kuas ke sela-sela mesin dan bagian yang terdapat kerak.

Engine degreaser serta alat yang diperlukan untuk membersihkan mesin motor.
Farhan
Engine degreaser serta alat yang diperlukan untuk membersihkan mesin motor.

“Enggak perlu dicampur atau disiram air, kalau sudah merata tinggal usapkan pakai kain lap sisa cairan engine degreaser dari mesin untuk angkat kotorannya,” lengkapnya.

Selain membersihkan, engine degreaser yang bagus biasanya juga memiliki kandungan untuk mengkilapkan bahan logam besi di mesin motor.

Baca Juga: Malas Ganti Filter Udara Bisa Merusak Mesin Motor, Mitos atau Fakta?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa